Hari Pertama Kampanye, Bawaslu Akui Kedua Kubu Lakukan Pelanggaran

Ilustrasi Pemilu - JIBI
25 Maret 2019 15:07 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), yakni Fritz Edward Siregar mengungkapkan bahwa terdapat beberapa pelanggaran yang dilakukan oleh kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden pada hari pertama rapat umum atau kampanye terbuka.

“Ya, kami lihat bahwa dari catatan itu kedua paslon sama-sama melakukan beberapa hal yang dilarang, tidak patuh lah,” ujar Fritz Edward Siregar kepada awak media, Senin (25/3/2019).

Fritz Edward Siregar beberapa peraturan yang dilanggar tersebut oleh kedua paslon di dalam kampanye adalah mengikutsertakan anak-anak, menggunakan fasilitas milik negara, dan keterlibatan aparatur sipil negara (ASN).

“Misalnya, masih ada anak-anak di dalam kampanye. Padahal itu kan tidak sesuai dengan komitmen kita. Kemudian masih ada penggunaan fasilitas negara dimana ada beberapa pejabat yang menggunakan atau mobil pemerintah,” ungkapnya.

“Kemudian, ada ASN yang terlibat dan hadir saat kampanye. Kemudian ada beberapa alat-alat peraga yang bukan alat peraga parpol. Gitu-gitu,” katanya.

Dikarenakan banyaknya pelanggaran yang dilakukan, Bawaslu mengimbau kepada kedua pasangan calon maupun timnya untuk melakukan kampanye terbuka sesuai dengan peraturan yang berlalu dan ditetapkan.

“Kami minta kepada semua peserta pemilu harus sesuai semuanya sama peraturan yang berlaku. Sama dengan materi dan penyampaian tata cara di rapat umum,” kata dia.

Sumber : Okezone.com