Advertisement

Berebut Gunungan Durian, Warga Siapkan Kaus Tangan hingga Tang Besi

Nina Atmasari
Sabtu, 09 Maret 2019 - 18:58 WIB
Nina Atmasari
Berebut Gunungan Durian, Warga Siapkan Kaus Tangan hingga Tang Besi Warga berebut gunungan durian dalam Festival Durian Candimulyo 2019 di lapangan depan Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang, Sabtu (9/3/2019). - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG- Ratusan warga berebut gunungan durian dalam Festival Durian Candimulyo 2019 di lapangan depan Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (9/3/2019). Ada 19 gunungan durian yang digerebek.

Jumlah gununga merupakan jumlah desa yang ada di Kecamatan Candimulyo. Sebelum digerebek, kegiatan ini diawali dengan kirab iring-iringan 19 gunungan dari SMPN 1 Candimulyo menuju lapangan Kecamatan Candimulyo.

Rupanya, berebut durian gratis menjadi daya tarik untuk warga. Tak hanya dari Candimulyo, banyak warga luar daerah turut datang ikut berebut durian. Bahkan, saat berebut gunungan durian tersebut, mereka telah membawa peralatan sendiri seperti kaus tangan hingga tang besi.

Advertisement

Kaus tangan digunakan untuk melinsungi kulit saat memegang kulit durian yang berduri tajam. Adapun tang besi digunakan untuk memudahkan melepas durian dari gunungan.

“Tadi ikut berebut gunungan durian dapat 6 buah. Saya sudah bawa tang untuk memudahkan melepas durian dari gunungan,” kata Qhobir, 19, warga Tidar Sari, Kota Magelang, usai berebut gunungan durian.

Hal serupa juga dilakukan Haryanto, 62, warga Suran, Candimulyo. Ia juga telah mempersiapkan alat berupa tang besi untuk melepas durian yang diikat di gunungan tersebut. “Sayang cuma dapat satu buah, padahal sudah bawa tang. Tadi rebutannya ramai sekali,” katanya.

Ketua Panitia Festival Durian Candimulyo 2019, Triyono mengatakan, festival ini digelar rutin setiap musim panen raya durian. Warga ingin mengungkapkan terima kasih atas nikmat, rezeki serta terangkatnya nama Candimulyo atas komoditi durian.

“Kami mengangkat dan mempromosikan durian lokal menjadi produk unggulan Kecamatan Candimulyo. Festival ini juga meningkatkan nilai tambah buah durian melalui produk olahan pangan dengan bahan durian,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement