Advertisement

Rizal Ramli Sebut Data di Debat Capres Ngawur, Jokowi Tegaskan Tidak Ngarang

Amanda Kusumawardhani
Senin, 18 Februari 2019 - 19:20 WIB
Budi Cahyana
Rizal Ramli Sebut Data di Debat Capres Ngawur, Jokowi Tegaskan Tidak Ngarang Joko Widodo - Antara/Akbar Nugroho Gumay

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Presiden Joko Widodo menegaskan data-data yang disampaikannya dalam debat, termasuk impor jagung dan beras, diperoleh dari kementerian dan lembaga. Jika data tersebut tidak sesuai dengan data Badan Pusat Statistik (BPS), Presiden memperkirakan kemungkinan kuota impor yang diberikan tidak terealisasi.

“Ya coba dicek saja, bisa saja itu kuota tapi tidak terealisasi. Tolong dicek, dicek lapangan. Wong kita ini menyampaikan data dari kementerian, bukan karangan saya sendiri,” kata Presiden Jokowi di Tanjung Lesung, dikutip dari keterangan resminya, Senin (18/2/2019).

Advertisement

Dalam ihwal impor jagung, Presiden menegaskan sudah mengonfirmasi data-data tersebut ke Menteri Pertanian dan Menteri Perdagangan. Pada 2018, jumlah impor jagung 180.000 ton, dan juga ada ekspor 380.000 ton.

Kemudian soal impor beras meskipun produksinya berlebih, Jokowi menekankan impor yang pertama dilakukan untuk cadangan strategis. Yang kedua, untuk hal-hal yang bersifat darurat karena bencana. Yang ketiga juga untuk cadangan jika terjadi gagal panen, ataupun jika terkena hama.

“Dari data BPS yang saya terima di 2018 itu sudah surplus 2,8 juta ton, tolong konfirmasi ke BPS. Jadi kita itu datanya data dari kementerian, dari lembaga, bukan ngarang sendiri, bukan ngarang-ngarang itu,” tegasnya.

Setelah debat Minggu kemarin (17/2), sejumlah pihak menyebut data yang disampaikan Jokowi dinilai tidak akurat alias ngawur. Salah satunya cuitan Rizal Ramli, yang pernah diangkat Jokowi sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman.

Dalam akun Twitter, Rizal Ramli menyatakan banyak data ngawur diungkapkan dalam debat capres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pansus DPRD DIY Mulai Bahas Perubahan Aturan Soal Pengisian Jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement