Advertisement

Penutup Debat Capres: Prabowo Kelola Ribuan Hektare Tanah daripada Dikuasai Asing

Dhiany Nadya Utami
Senin, 18 Februari 2019 - 02:57 WIB
Budi Cahyana
Penutup Debat Capres: Prabowo Kelola Ribuan Hektare Tanah daripada Dikuasai Asing Prabowo Subianto - JIBI/Bisnis Indonesia/Feni Freycinetia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menutup debat capres pada Minggu (17/2/2019) malam dengan menyampaikan apresiasi atas prestasi yang diraih Joko Widodo.

Prabowo mengatakan bahwa dirinya melihat ada itikad baik dari apa yang dilakukan pemerintahan Jokowi selama ini. Dia mengapresiasi hasil-hasil yang dicapai lawan debatnya tersebut.

Advertisement

Namun, Prabowo menyatakan bahwa sebagai kompetitor dirinya dan pasangan cawapresnya Sandiaga Uno memiliki falsafah dan strategi yang berbeda dengan apa yang diusung Jokowi, meski niatnya sama-sama demi kebaikan negeri.

“Kami berpegang kepada falsafah keadilan yang akan menghasilkan kemakmuran. Jadi kami berpandangan bahwa pemerintah harus hadir dengan rinci, teliti, tegas, [dan] dengan aktif untuk memperbaiki ketimpangan dalam kekayaan,” tutur Prabowo.

Prabowo menegaskan pemerintah juga harus memiliki peran dalam menjaga kekayaan negera agar tidak lari ke luar negeri dan berpegang teguh pada Pasal 33 dalam UUD 1945.

Dalam kesempatan yang sama, Prabowo mengklarifikasi pernyataan Jokowi yang menyebut dirinya memiliki ribuan hektare tanah yang tersebar di dua wilayah di Indonesia.

Dia membenarkan kepemilikan tersebut sekaligus menerangkan bahwa status tanah itu merupakan hak guna usaha (HGU). Tak hanya itu, Prabowo menyatakan kapan pun dirinya siap mengembalikan tanah tersebut kepada negara jika memang diminta.

"Kalau untuk negara saya rela ambil itu semua. Tapi, daripada jatuh ke orang asing lebih baik saya yang kelola,” pungkas Prabowo.

Dalam sesi debat yang membahas reforma agraria, Jokowi menyebut Prabowo memiliki ribuan hektare tanah di Kalimantan dan Aceh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri Hari Ini, Cek Lokasi dan Tarifnya di Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement