Advertisement

BMKG: Aktivitas Merapi Picu Turunnya Hujan Es di Sleman

Hafit Yudi Suprobo
Kamis, 31 Januari 2019 - 23:25 WIB
Budi Cahyana
BMKG: Aktivitas Merapi Picu Turunnya Hujan Es di Sleman Awan Panas Merapi, Selasa (29/1/2019). - Antara/Aloysius Jarot Nugroho

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Aktivitas Gunung Merapi memengaruhi cuaca ektsrem yang belakangan melanda Sleman.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Jogja guguran lava dan abu vulkanik di atmosfer akan menambah akumulasi dari inti kondensasi atau partikel-partikel di udara yang mendukung pembentukan uap air.

Advertisement

Kepala Unit Analisa dan Prakiraan Cuaca BMKG Stasiun Klimatologi Jogja Sigit Hadi Prakosa, mengatakan aktivitas Merapi berdampak dengan pembentukan awan kumulonimbus sampai ketinggian lebih dari 12 kilometer. “Akhirnya mampu menimbulkan hujan es,” kata Sigit, Kamis (31/1/2019).

Berdasarkan pantauan dari BMKG, kata Sigit, suhu puncak awan kumulonimbus  mampu mencapai minus 80 derajat Celcius. Sementara, ketersediaan air sampai ketebalan sembilan kilometer dan ketebalan es sampai tiga kilometer di puncak awan ini telah menyebabkan hujan lebat disertai es di sejumlah wilayah di Sleman pada Selasa (29/1/2019) kemarin.

Agus Sudaryatno, Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Jogja sebelumnya juga menuturkan fenomena hujan es disebabkan adanya pertemuan massa udara yang kuat pada wilayah tersebut.

Aktivitas Merapi sudah memasuki babak baru sejak Selasa (29/1/2019) malam. Awan panas atau yang biasa disebut wedhus gembel sudah muncul. Sebelumnya, Merapi hanya meluncurkan guguran lava pijar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok Darah dan Jadwal Donor Darah di Wilayah DIY Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement