Advertisement

Gunung Agung Alami Erupsi Lagi, Embusan Lava Pijar Mencapai 1 Km dari Kawah

Ni Putu Eka Wiratmini
Sabtu, 19 Januari 2019 - 10:17 WIB
Nina Atmasari
Gunung Agung Alami Erupsi Lagi, Embusan Lava Pijar Mencapai 1 Km dari Kawah Cahaya magma dalam kawah Gunung Agung terpantul pada abu vulkanis terlihat dari Desa Datah, Karangasem, Bali, Jumat (29/6/2018). - ANTARA/Nyoman Budhiana

Advertisement

Harianjogja.com, DENPASAR – Gunung Agung di Pulai Bali  kembali mengalami erupsi dengan melontarkan lava pijar sejauh 1 kilometer dari bibir kawah ke arah timur pada Sabtu (19/1/2019) pukul 02.45 WITA.
 
Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Agung di Rendang Dewa Made Mertayasa mengatakan letusan teramati setinggi 700 meter dengan warna asap kelabu. Kondisi ini masih aman karena lava pijar yang keluar masih berada di radius 4 kilometer (km) dari kawah.
 
Dalam waktu tersebut, hanya teramati satu letusan dengan amplitudo 23 milimeter dan durasi 128 detik. Sementara itu, teramati dua kali hembusan dengan amplitudo 1,5 sampai 2 milimeter dan durasi sekitar 20-40 detik.
 
“Sebelumnya, sudah ada gempa vulkanik 1-2 kali, baik dalam maupun dangkal, yang mencirikan pergerakan magma ke atas,” terangnya kepada Bisnis, Sabtu (19/1).
 
Menurut Made, Gunung Agung sewaktu-waktu mungkin akan kembali meletus sebab aktivitasnya masih tinggi. Terlebih, aktivitas kegempaan yang cukup tinggi pada akhir 2017 telah membuka sistem untuk terjadi letusan.
 
“Gunung Agung masih status Siaga. Aktivitas gunung masih tinggi, jika ada gempa vulkanik bisa terjadi erupsi,” lanjutnya.
 
Namun, erupsi yang terjadi pada Sabtu dini hari tersebut dipastikan tidak terlalu berdampak pada masyarakat sebab letusan yang masih di sekitar kawah.

Meski demikian, masyarakat di sekitar Gunung Agung tetap diminta untuk tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di seluruh area dalam radius 4 km dari kawah.
 
“Sekarang kondisi gunung sudah kembali tenang dan aman, masyarakat juga mulai beraktivitas seperti biasa,” tutur Made.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Masa Jabatan Lurah Diperpanjang, Apdesi Bantul: Harus Dioptimalkan Untuk Peningkatan Kinerja Lurah

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement