Media Australia Sebut Jokowi Menangi Debat Ronde Pertama

Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin mengikuti debat pertama Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). - ANTARA/Sigid Kurniawan
18 Januari 2019 13:00 WIB Iim Fathimah Timorria News Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Media asal Australia menempatkan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai pemenang Debat Pilpres 2019 putaran pertama, Kamis (17/1/2019) malam.

Sydney Morning Herald, melui portal daringnya memuat artikel berjudul Jokowi vs Prabowo: Indonesian Presidential Debate Robotic, Risk-Averse, Jumat (18/1/2019).

Sang penulis James Masolla dari menyebut debat pertama pilpres 2019 yang mengusung tema besar hukum, korupsi, terorisme dan HAM dan merupakan kesempatan bagi pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf dan 02 Prabowo-Sandiaga untuk menunjukkan keunggulan masing-masing.

James menulis, meski diunggulkan sebagai calon petahana, Pilpres 2019 tetap akan berat bagi Jokowi, lantaran beban pemerintahan lima tahun sebelumnya yang ia bawa.

Jokowi telah mendorong banyak kemajuan selama menjabat, melakukan investasi besar-besaran pada infrastuktur, kesehatan dan juga pendidikan. Di sisi lain, Jokowi masih dihadapkan dengan endemi korupsi dan kemiskinan. Kendati jumlah kelas menengah meningkat, hal itu dirasa belum cukup.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia