DEBAT PILPRES : Jokowi Nyatakan Penyandang Disabilitas Sudah Terpenuhi Haknya

Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin mengikuti debat pertama Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). - ANTARA/Sigid Kurniawan
17 Januari 2019 21:57 WIB Sunartono News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Capres Nomor Urut 01 menyatakan pemenuhan hak bagi penyandang disabilitas saat ini sudah mulai terpenuhi meski ada beberapa yang masih perlu dibenahi.

Hal itu disampaikan dalam Debat Pilpres 2019 dengan tema terkait pemenuhan hak penyandang disabilitas. Jokowi mengatakan sejak diterbitkannya UU tentang penyandang disabilitas pada 2016, ia melihat sudah mulai terjadi pergeseran paradigma terhadap pemenuhan hak bagi penyandang disabilitas.

“Setelah ada undang-undang kami merekam sekarang paradigma [penanganan penyandang disabilitas] pemenuhan hak,” ucapnya dalam siaran Debat Pilpres di Televisi, Kamis (17/1).

Jokowi mengklaim sejumlah fasilitas umum yang dibangun juga saat ini sudah banyak yang mengakomodasi penyandang disabilitas. Tetapi ia mengakui masih ada beberapa kota yang masih butuh dikembangkan pemenuhan hak tersebut. Ia menegaskan, pemberian bonus atlet paragame yang disamakan dengan atlet asian game dinilai sebagai salah satu bentuk kesetaraan dan
pemenuhan hak.

“Kami sudah memberikan fasilitas untuk pemenuhan hak, baik untuk pekerjaan perumahan fasiitas umum ramah disabilitas meski beberapa kota masih perlu dikembangkan, tetapi sudah kami mulai, berkaitan kesetaraan, di asian paragame event disabilitas terbesar, kita berikan bonus yang sama dengan atlet yang berlaga di asian game,” ucapnya.