Advertisement

Erupsi Gunung Soputan Berdampak pada Tiga Kecamatan di Minahasa Tenggara

Newswire
Minggu, 16 Desember 2018 - 18:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Erupsi Gunung Soputan Berdampak pada Tiga Kecamatan di Minahasa Tenggara Gunung Soputan erupsi, Minggu (16/12/2018). - Ist/MAGMA Indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, MINAHASA TENGGARA-Erupsi Gunung Soputan dengan ketebalan mencapai satu sentimeter berdampak pada tiga kecamatan di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra). Tiga kecamatan yakni Tombatu Utara, Tombatu Timur dan Pasan.

Ketua Tim Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Manado, Nuryadin Gumeleng mengatakan, sampai saat ini wilayah yang berdampak masih di sekitar Kabupaten Mitra.

Advertisement

"Kami kerahkan 17 personel dengan 3 kendaraan dua truk dan 1 minibus. Untuk sementara ini masyarakat yang terkena dampak masih di daerah, aktivitas masyarakat masih berjalan seperti biasanya," ujar Nuryadin Gumeleng, Minggu (16/12/2018).

Pihaknya terus melaksanakan patroli atau siaga Gunung Soputan. Warga di kawasan yang terkena erupsi cukup parah akan dievakuasi.

Kepala Pos Pemantau Gunung Api Soputan, Asep Saifullah mengatakan, aktivitas Gunung Soputan berada di level 3, sehingga dilarang ada aktifitas di radius 4 kilometer.

"Masyarakat, pengunjung atau pendaki dilarang beraktifitas di radius 4 kilometer dari puncak Gunung Soputan serta perluasan wilayah sektoral barat-barat daya sekitar 6,5 Kilometer. Untuk masyarakat yang terkena dampak diharapkan untuk memakai masker," imbaunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ada APK di Dekat Kantor Pemerintahan & Sumbu Filosofi, Ini Kata Satpol PP Jogja

Jogja
| Minggu, 10 Desember 2023, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Cari Tempat Seru untuk Berkemah? Ini Rekomendasi Spot Camping di Gunungkidul

Wisata
| Rabu, 06 Desember 2023, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement