Kontroversi Habib Bahar : Ditolak di Manado hingga Kasus Sebut Jokowi Banci

Habib Bahar bin Smith - Wikipedia
29 November 2018 20:50 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Habib Bahar bin Smith dilaporkan ke polisi karena dianggap menghina presiden lantaran menyebut Jokowi banci. Penceramah satu ini dikenal kontroversial.

Nama Habib Muhammad Bahar bin Ali bin Smith jadi sorotan usai dilaporkan Jokowi Mania (Joman) ke Bareskrim Polri, pada Kamis (29/11/2018), karena dianggap menghina Presiden Joko Widodo dalam ceramahnya.

Bahar juga dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Ketum Cyber Indonesia Muannas Alaidid karena alasan yang sama. Muannas menilai Bahar telah melecehkan Jokowi.

"Ini bukan kritik atau ceramah yang beradab, jika mau protes silakan, tapi ya jangan melecehkan seperti itu. Tidak pantas juga orang yang disebut habib dan ulama berkata kasar penuh kebencian seperti itu," kata Muannas.

Habib Bahar bin Smith memang jadi buah bibir dengan beberapa ceramahnya yang dinilai kontroversi. Dia pernah ditolak saat akan berceramah di Manado, Sulawesi Utara, pada Senin 15 Oktober 2018.

Ratusan orang dari ormas Adat di Manado saat itu menolak kedatangan Habib Bahar untuk menghadiri haul ke 7 ayahnya, Al Habib Ali bin Abdurrahman bin Smith dan doa untuk korban bencana di Palu dan Donggala.

Mereka menolak karena menganggap ceramah Bahar kerap mengandung provokasi dan ujaran kebencian.

Habib Bahar dan rombongannya pun sempat tertahan di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado. Ormas adat memintanya untuk segera kembali ke Jakarta.

Kedua belah pihak bernegosiasi hingga menemui titik terang. Habib Bahar sepakat kalau kedatangannya ke Manado hanya untuk pulang kampung dan tidak berceramah. Bahar sendiri memang lahir di Manado dan keluarga besarnya berada di sana.

Dia akhirnya diperbolehkan menghadiri haul ayahnya dengan dikawal ketat polisi, meski penolakan terus terjadi.

Kini, Habib Bahar bin Smith kembali membuat heboh lantaran isi ceramahnya dianggap telah menghina Presiden Jokowi hingga akhirnya berbuah laporan ke polisi.

Adapun pidato Habib Bahar yang dipersoalkan adalah saat acara peringatan Maulid Nabi pada 17 November 2018 lalu di kawasan Batu Ceper, Tangerang. Dalam video berdurasi 60 detik itu, Habib Bahar dianggap menghina karena menyebut Jokowi sebagai banci.

“Kalau kamu ketemu Jokowi, kamu buka celananya itu, jangan-jangan haid Jokowi itu, kayanya banci itu,” ucap Habib Bahar dalam video tersebut.

Sumber : Okezone.com