Advertisement

KAI Mulai Operasikan Kereta Komuter Jateng-Jogja 1 Desember

Newswire
Senin, 19 November 2018 - 22:17 WIB
Nina Atmasari
KAI Mulai Operasikan Kereta Komuter Jateng-Jogja 1 Desember Ilustrasi. - Bisnis Indonesia/Felix Jody Kinarwan

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG - Mulai 1 Desember, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero akan mulai mengoperasionalkan kereta api (KA) jenis komuter untuk menghubungkan sejumlah kota di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Saat ini masih kita masih membahasnya. Tapi yang jelas ini memang baru bocoran. Nanti pada 1 Desember akan ada perjalanan KA baru," kata Manager Humas PT KAI Daop 5 Supriyanto, Senin (19/11/2018).

Advertisement

Menurutnya, saat ini masih dilakukan pendalaman mengenai hal-hal teknis, di antaranya jadwal serta rangkaian kereta. Prediksi rangkaiannya, bisa meneruskan KA Kamandaka dengan relasi Purwokerto -Semarang Tawang, atau dapat pula dengan KA baru.

KA tersebut rencananya akan melayani penumpang dengan rute Purwokerto - Tegal - Semarang - Solo - Yogyakarta - Kutoarjo - Kroya - Purwokerto. Meski demikian, belum bisa dipastikan titik pemberangkatan KA komuter berasal dari Purwokerto atau Jogja.

"Kemungkinan akan memakai satu kereta eksekutif dan tujuh premium, tapi itu belum pasti. Masih bisa berubah nanti," tukasnya.

Supriyanto menyampaikan rangkaian KA tersebut akan menjadi sarana angkutan alternatif bagi masyarakat atau penumpang dari kawasan pantai utara, ke wilayah selatan Jateng dan sebaliknya. Tentu ini bakal menunjang beragam kepentingan masyarakat baik pekerjaan, pendidikan, hingga wisata.

"Ini sekaligus untuk masa angkutan Natal dan Tahun Baru. Untuk okupansi KA Kamandaka rata-rata di atas 80%. Jadi peminat penumpang jurusan Purwokerto-Semarang, Purwokerto-Tegal-Semarang, cukup bagus," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pendaftaran Ditutup, Ini 8 Nama yang Mendaftar Lewat Golkar di Pilkada Bantul 2024

Bantul
| Kamis, 25 April 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement