Advertisement

6 Kuburan Dibongkar Sosok Misterius, Berburu Harta Karun?

Newswire
Senin, 11 Juni 2018 - 22:50 WIB
Bhekti Suryani
6 Kuburan Dibongkar Sosok Misterius, Berburu Harta Karun? Polisi mengecek lokasi kuburan yang dibongkar orang misterius di Bogor. - Suara.com/Rambiga

Advertisement

Harianjogja.com, BOGOR- Sejumlah kuburan warga Tionghoa di Bogor dibongkar orang tak dikenal.

Sebagian warga di Desa Karangasem Barat, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar) baru saja dibuat heboh. Sejumlah pekuburan yang ada di TPU Kober di daerah itu dibongkar orang tak dikenal alias OTK.

Advertisement

Pemakaman yang dibongkar OTK itu merupakan makam warga Tionghoa di daerah itu atau biasa disebut kuburan Cina.

Menurut pengurus makam, Endom, 65, aksi bongkar sejumlah kuburan Cina itu baru diketahui pada Sabtu (9/6/2018) pekan lalu. Saat itu, dirinya hendak membersihkan area pemakaman, ia terkejut melihat sejumlah kuburan Cina tampak berlobang dan rusak.

"Saya tahu ada makam yang dibongkar pas mau bersihin rumput," kata Endom, Senin (11/6/2018).

Selama 12 tahun bekerja mengurus makam, Endom mengaku baru kali itu melihat makam dibongkar orang misterius. Ia menduga, orang misterius yang membongkar kuburan Cina itu berniat mencari harta karun yang tersimpan di dalam kuburan.

"Saya enggak tahu pasti tujuannya apa. Mungkin ada orang mencari harta atau perhiasan, karena jaman dulu orang Cina kaya yang meninggal, dikuburnya sama barang kesayangan mereka. Makam yang dibongkar ini makam orang kaya," ungkap Endom.

Sementara itu, Kapolsek Citeureup Kompol Darwan membenarkan peristiwa tersebut. Pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait kasus ini.

"Iya, total ada enam kuburan, kita masih lakukan penyelidikan terkait motifnya apa. Kemungkinan mencari harta atau yang lainnya. Tapi sampai saat ini belum ada laporan resmi dari pihak keluarga yang makamnya dibongkar," kata Darwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KRL Solo-Jogja, Berangkat dari Palur Rabu 24 April 2024

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 01:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement