Advertisement

Ini Janji Jokowi kepada Para Anak Pengidap Kanker

Bhekti Suryani
Jum'at, 06 April 2018 - 17:50 WIB
Bhekti Suryani
Ini Janji Jokowi kepada Para Anak Pengidap Kanker Jokowi dan anak-anak pengidap kanker di Istana Bogor. - Okezone/Fakhri

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan mempermudah pengobatan bagi anak yang menjadi pasien kanker. Sebanyak 70% anak-anak penderita kanker masih bisa disembuhkan.

Presiden menggelar silaturahim dengan Keluarga Besar Yayasan Kanker Anak Indonesia di Istana Bogor, Jawa Barat. Dalam kesempatan itu, Jokowi memastikan Pemerintah akan memberikan dukungan kepada para pengidap kanker untuk sembuh dari penyakitnya.

"Saya kira ini Yayasan Kanker Anak Indonesia ini memberikan sebuah dukungan terhadap Pemerintah dalam hal ini menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kanker anak. Saya kira yayasan seperti ini harus ada di setiap provinsi," kata Jokowi di lokasi, Jumat (6/4/2018).

Pemerintah, lanjut dia, akan mendukung proses pengobatan bagi anak penderita kanker dengan membuat regulasi untuk pembiayaan penyakit kanker guna mempermudah proses pengobatan.

"Karena memang kanker ini bisa menjadi salah satu penyakit yang harus kita hadapi dan tadi masukan-masukan yang diberikan, misalnya yang berkaitan dengan regulasi untuk biaya masuk yang berkaitan dengan obat-obatan nanti akan saya tindaklanjuti," jelasnya.

Jokowi telah menginstruksikan Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Muliyani untuk menyiapkan kebijakan tentang pengobatan penyakit kanker ini. Menurut dia, regulasi tersebut penting bagi anak-anak penderita kanker ke depan.

"(Tapi) saya belum menanyakan bantuan konkret apa yang diinginkan dan diberikan Pemerintah," kata Jokowi.

Jokowi menambahkan, berdasarkan informasi dari Yayasan Kanker Anak Indonesia, 70% anak-anak penderita kanker masih dapat disembuhkan. Sebab itu, pemerintah harus hadir dalam mengatasi berbagai persoalan tersebut.

"Tadi disampaikan oleh Yayasan Anak Kanker Indonesia bahwa 70 persen masih bisa sembuh kalau kanker ini. Kita harapkan anak-anak semuanya 100 persen bisa disembuhkan dengan baik karena mereka memiliki masa depan," harap Jokowi.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KRL Jogja Solo dari Stasiun Tugu Jogja, Minggu 5 Mei 2024

Jogja
| Minggu, 05 Mei 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement