SNMPTN 2015 : Catat! Ini Data yang Dibutuhkan

Suasana SNMPTN (JIBI/Harian Jogja - Gigih M Hanafi)
23 Januari 2015 11:20 WIB Bernadheta Dian Saraswati News Share :

SNMPTN 2015 sudah dibuka. Ada sejumlah data yang perlu disertakan, termasuk rekam jejak sekolah.

Harianjogja.com, JOGJA- Dibukanya Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 pada Kamis (22/1/2015), menjadi tanda dimulainya SMA sederajat mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Waktu pengisian akan ditutup sampai 8 Maret 2015.

Sekolah yang ingin siswanya diterima di perguruan tinggi harus memasukkan beberapa data terkait rekam jejak sekolah. Rekam jejak ini meliputi kinerja sekolah, prestasi akademik siswa selama tiga tahun, serta rekam jejak sekolah yang bersangkutan dalam mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
di tahun sebelumnya. Tiga hal itu akan menjadi pertimbangan.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Gadjah Mada (UGM), Iwan Dwiprahasto mengatakan rekam jejak sekolah dalam SBMPTN sangat berpengaruh dalam seleksi SNMPTN 2015.

“Kami tidak hanya melihat nilai akademik siswa tapi juga rekam jejak sekolah yang bersangkutan dalam mengikuti SBMPTN di tahun sebelumnya. Berapa banyak alumni yang masuk ke UGM dan bagaimana IPK mereka selama kuliah," jelas Iwan saat ditemui wartawan di kantornya, Kamis (22/1/2015).

Menambahkan, Wijayanti selaku Kepala Bagian Humas UGM mengatakan sosialisasi pembukaan pendaftaran SNMPTN 2015 pada Selasa (27/1/2015). UGM akan mengundang seluruh kepala sekolah di DIY untuk mengikuti sosialisasi.

"Diharapkan seluruh kepala sekolah di DIY bisa hadir karena kami juga tidak membatasi lulusan mana saja yang bisa mendaftar ke UGM. Baik dari SMA, MA, SMK bisa mendaftar," kata dia.