Disdik Kota Jogja Lantik 23 Kepala Sekolah

01 Januari 2015 08:20 WIB Redaksi Solopos News Share :

Disdik Kota Jogja melantik 23 Kepala Sekolah untuk jenjang pendidikan SMA, SMP dan SD.

Harianjogja.com, JOGJA - Sebanyak 23 kepala sekolah diangkat dan diambil sumpahnya untuk mengisi kekosongan jabatan di sejumlah sekolah negeri di Kota Jogja dari jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, Rabu (31/12/2014).

"Banyak sekolah dengan jabatan kepala sekolah yang kosong karena rata-rata pensiun. Kekosongan jabatan sudah lama terjadi dan baru pada bulan ini (Desember 2014) sekolah baru," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Jogja, Edy Heri Suasana.

Kepala sekolah yang diangkat dan diambil sumpahnya terdiri atas satu kepala SMA yang akan mengisi jabatan di SMA Negeri 2 Jogja, empat kepala SMP dan sisanya sebanyak 18 kepala SD. Seluruh kepala sekolah tersebut dapat menjalankan tugas dan fungsinya usai memperoleh surat keputusan pengangkatan sebagai kepala sekolah yang ditandatangani Walikota Jogja.

Seluruh kepala sekolah baru tersebut menjalani upacara pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Jogja Titik Sulastri di Kompleks Balai Kota Jogja.

Ia mengingatkan seluruh kepala sekolah yang dilantik untuk bisa bekerja keras karena memiliki peran yang sangat strategis untuk mengembangkan sekolah sekaligus meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah yang dipimpinnya.

"Kepala sekolah memiliki peran sebagai manajer sekaligus pendidik. Peran ini membutuhkan setidaknya delapan jenis kompetensi yang harus dikuasai kepala sekolah," kata Titik.

Delapan kompetensi tersebut di antaranya, memiliki sikap tanggung jawab untuk seluruh kegiatan, mampu memotivasi orang lain, percaya diri, memiliki keteladanan, serta wibawa dan bisa bekerja sama dengan seluruh pihak.

"Jika kompetensi ideal itu tidak bisa dipenuhi, maka yang perlu dimiliki kepala sekolah adalah idealisme untuk memajukan sekolah, guru dan siswa," katanya.

Ia pun berharap, seluruh kepala sekolah yang baru dilantik tersebut dapat segera beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru sehingga seluruh tugas bisa diselesaikan dengan maksimal.