Duta Angkatan Udara Indonesia Siapkan Tarian Maut untuk Singapore Air Show

HARIAN JOGJA/GIGIH M. HANAFISejumlah penerbang unjuk kebolehan dengan menggunakan pesawat latih pada Upacara Wingday Sekbang A-83 dan Seknav A-11 tahun 2013 di Lapangan Jupiter, Lanud Adi Sucipto, Yogyakarta, Senin (24 - 6). Sebanyak 32 Penerbang kelas II lulusan Sekbang A/83 dan 9 Navigator lulusan Seknav A/11 dilantik KSAU Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia dan selanjutnya akan memperkuat Skadron jajaran TNI AU.
04 Februari 2014 15:40 WIB Sunartono News Share :

Harianjogja.com, SLEMAN –The Jupiter Aerobatic Team (JAT) menyiapkan tarian maut di langit Singapura dalam Singapore Air Show yang akan digelar 11 hingga 16 Februari 2014 mendatang. Sebanyak delapan pesawat bertolak dari base camp Lanud Adisutjipto menuju Bandara Changi Singapura, Senin (3/1).

Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Agus Munandar mengatakan, tim aerobatik JAT adalah duta Angkatan Udara Indonesia di dalam negeri maupun luar negeri untuk menunjukkan tingkat profesionalisme para penerbang TNI AU.

Team JAT telah menyiapkan generasi ketiga jauh sebelum tampil perdana saat HUT ke-68 TNI pada 2013 lalu. "The Jupiter saat ini kesiapannya telah 100 persen," ungkapnya dalam rilis yang dikirim kepada Harian Jogja, Senin (3/2/2014).

Mayor Fery Yunaldi selaku Flight Leader The Jupiter menambahkan dalam pameran itu, JAT akan menampilkan 14 manuver akrobatik udara.

"Formasinya antara lain Jupiter Roll, Arrow Head Loop, Loop and Break Off, Twin Half Cuban-Jupiter Wheel, Tango to Diamond Loop, Mirror, Heart, Screw Roll, Roll Slide, Solo Spin, Five Card Loop, Jupiter Roll Back, serta diakhiri Loop and Bomburst," ungkap dia.

Para pembesut The Jupiter yakni Mayor Pnb Feri Yunaldi sebagai flight leader di Jupiter 1, Kapten Pnb Ripdho Utomo sebagai right wing di Jupiter 2, Kapten Pnb Apri Arfianto sebagai left wing di Jupiter 3, Mayor Pnb Ari Susiono sebagai slot di Jupiter 4, Mayor Pnb Sri Raharjo sebagai lead synchro di Jupiter 5, dan May Pnb Marcellinus Dirgantara sebagai Syncro di Jupiter 6.

The Jupiter telah tampil di beberapa negara seperti Centervial of RTAF Founding Fathers Aviation atau 100 tahun penerbangan Thailand pada 2012. Selanjutnya bulan Februari 2013 diundang negera Jiran malaysia dalam Langkawi International maritime and Aerospace Exhibition 2013 dan misi terakhir yang telah dilaksanakan adalah di negara Brunei Darusalam dalam rangka mengikuti Bridex 2013.