Advertisement

Ubur-Ubur Menggagalkan Mimpi Chloe Arungi Kuba-Florida

Redaksi Solopos
Jum'at, 14 Juni 2013 - 10:47 WIB
Maya Herawati
Ubur-Ubur Menggagalkan Mimpi Chloe Arungi Kuba-Florida

Advertisement

[caption id="attachment_415724" align="alignleft" width="355"]http://www.harianjogja.com/baca/2013/06/14/ubur-ubur-menggagalkan-mimpi-chloe-arungi-kuba-florida-415723/mccardel-disengat-ubur-ubur-reuters" rel="attachment wp-att-415724">http://images.harianjogja.com/2013/06/mccardel-disengat-ubur-ubur-reuters-355x310.jpg" alt="" width="355" height="310" /> Foto Chloe Menunjukkan Bekas Sengatan Ubur-Ubur
JIBI/Harian Jogja/Reuters[/caption]

FLORIDA-Perenang Maraton Australia, Chloe McCardel, 29, gagal menuntaskan misinya memecahkan rekor renang maraton sejauh 166 km dari Kuba ke Amerika Serikat tanpa kandang Hiu.

Advertisement

Tim dari McCardel dalam akun Facebooknya memberikan pernyataan singkat yang membenarkan kalau McCardel telah mengundurkan diri dari tantangan renang jarak jauh ini karena tersengat ubur ubur.

"OK, Chloe mengalami 'kesakitan parah' akibat sengatan ubur-ubur ganas yang tidak memungkinkan dirinya untuk melanjutkan tantangan ini. Chloe dan tim saat ini tengah menuju ke Key West. Kami akan melaporkan secara detail begitu tiba di sana. Terima Kasih atas dukungannya. Salam," demikian tulis akun facebook Chloe McCardel.

Upaya McCardel memecahkan rekor dihentikan setelah sempat merenangi Selat Florida selama 11 jam. Dibawah aturan renang maraton, McCardel tidak diperkenankan menyentuh perahu atau bergantung pada apapun selama mencoba menyeberangi Selat Florida.

Hanya satu orang yang pernah berhasil berenang menyeberangi Selat Florida yang terbentang dari Kuba ke Amerika Serikat, yakni perenang asal Australia, Susie Maroney pada tahun 1997. Namun ia menggunakan kandang ikan hiu.

McCardel sendiri menolak menggunakan kandang ikan hiu, ia memilih di kelilingi oleh area gelombang elektromagnetik yang bersumber dari sebuah alat di dalam air; untuk menangkal ikan hiu.

McCardel juga ditemani oleh 32 orang tim pendukung termasuk ahli cuaca dan dokter.

Waktu McCardel melakukan renang maraton ini diatur sedemikian rupa untuk menghindari keberadaan ubur-ubur berbisa.

Hewan laut ini menggagalkan upaya serupa yang dilakukan oleh sejumlah perenang termasuk perenang asal Amerika Diana Nyad, yang pada Agustus lalu beberapa kali tersengat ubur ubur berbisa saat berusaha melakukan misi keempatnya yang gagal dalam; menyeberangi Selat Florida.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Kamis 25 April 2024: Kasus Penggelapan Pajak hingga Sosialisasi Tol Jogja-YIA

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement