Advertisement

Jokowi, Said Aqil Siradj dan Sejumlah Nama Ini Masuk 500 Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

Newswire
Jum'at, 19 Oktober 2018 - 10:17 WIB
Nina Atmasari
 Jokowi, Said Aqil Siradj dan Sejumlah Nama Ini Masuk 500 Muslim Paling Berpengaruh di Dunia Presiden Jokowi dan KH Said Aqil Siradj. - Ist/ Biro Setpres

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Sejumlah nama asal Indonesia masuk jajaran 500 muslim paling berpengaruh di dunia.

Catatan tersebut dijabarkan dalam buku "The Muslim 500" buka terbitan Jordan National Library yang membahas soal 500 tokoh muslim paling berpengaruh di dunia pada 2019 berdasarkan rangking komulatif 10 tahun terakhir.

Advertisement

Dalam rangking tersebut, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, KH Said Aqil Siradj menempati 20 nama pertama tokoh Islam berpengaruh di dunia. Namanya hanya kalah dari Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan hingga Raja Arab Saudi, King Salman bin Abdul Aziz Al Saud. Yang menarik ada nama Presiden Indonesia, Joko Widodo sebagai tokoh paling berpengaruh di dunia nomor 16.

Disebutkan dalam buku tersebut, Kiai Said dianggap berhasil mengelola sebuah organisasi Islam terbesar di Indonesia dengan 30 juta anggota, yakni Nahdlatul Ulama (NU). Dalam buku tersebut juga disebutkan bahwa NU berhasil menerapkan konsep Ahlussunnah wal Jamaah yang bersumber dari Alquran, dan keteladanan Rasulullah Muhammad SAW.

Disebutkan bahwa Kiai Said menempati pucuk pimpinan dari sebuah organisasi solid yang memiliki banyak cabang baik di dalam maupun luar negeri. Dengan organisasi masif itu pula, Kiai Said memberikan pengaruh besar akan ajaran NU.

Sebagai implementasi ajaran, NU juga dianggap banyak memberikan kontribusi terhadap kehidupan sosial di masyarakat, menegakkan reformasi pendidikan hingga memperjuangkan Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia.

Selain Kiai Said dan Joko Widodo, buku tersebut juga memasukan sejumlah tokoh Indonesia dalam 500 tokoh Islam paling berpengaruh di dunia tahun 2019. Sederet nama tersebut antara lain, Ketua Umum PP Muhammadiyah KH Haedar Nasir; Rais Syuriah PCI Nahdlatul Ulama Australia-New Zealand, KH Yahya Cholil Staquf; Ketua Umum MUI non-aktif, KH Ma'ruf Amin; Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin; hingga Panglima Besar Banser NU, Habib Lutfi bin Yahya.

Para tokoh tersebut dianggap memiliki andil besar dalam memperjuangkan Islam sebagai agama yang rahamatanlilalamin, dengan pengaruh, sikap dan karyanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Penyair Joko Pinurbo Wafat, Jenazah Disemayamkan di PUKJ Bantul

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement