Advertisement

Sambut Mahasiswa Baru, Ini Bekal dari UNS

Kusnul Isti Qomah
Sabtu, 11 Agustus 2018 - 21:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
Sambut Mahasiswa Baru, Ini Bekal dari UNS Ilsutrasi UNS. - JIBI/M. Ferri Setiawan

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO-Menyambut mahasiwa baru tahun akademik 2018/2019 Universitas Sebelas Maret (UNS) akan memberikan pembekalan bertajuk UNS ACTIVE Soft Skills. Pembekalan tersebut akan berlangsung selama sepuluh hari, dan akan dimulai dengan Upacara Pelantikan Mahasiwa Baru pada Senin (13/8/2018) di halaman Gedung Pusat dr. Prakosa Rektorat UNS.

Mengawali pembekalan, motivator Tung Desem Waringin (Alumni FH UNS) akan membakar semangat mahasiswa baru dan memberikan materi bertema Kiat Sukses di Era Milenial. Selain itu juga akan hadir Deputi IV Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Eko Sulistyo (Alumni FIB UNS) mewakili Kepala KSP Jenderal TNI (Purn.) Moeldoko.

Advertisement

Pada tahun ajaran 2018/2019 ini UNS melantik 8.535 mahasiswa baru dari jenjang Diploma, Sarjana, Magister dan Doktor. Rincian mahasiwa dari masing-masing jenjang yaitu Diploma menerima 1.774 mahasiswa, sarjana 5.843 mahasiswa, jenjang magister sebanyak 782 dan jenjang doktoral menerima 136 mahasiswa. Mereka akan tersebar pada Fakultas Teknik, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Pertanian, Kedokteran, Budaya, Seni Rupa dan Desain, Ekonomi dan Bisnis, Hukum, Sosial Politik, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Keolahragaan serta Pascasarjana. Fakultas Keolahragaan merupakan fakultas baru yang sekaligus akan diresmikan pada acara tersebut.

Rektor UNS Prof Ravik Karsidi mengatakan, pembekalan softskills untuk mahasiswa baru dipilih karena memang sangat dibutuhkan dan menentukan keberhasilan mahasiswa baik saat proses belajar di kampus maupun setelah lulus. Hasil penelitian Career Development Center (CDC) UNS menunjukkan penguasaan softskills merupakan faktor signifikan untuk keberhasilan alumni. Untuk itu UNS berusaha membentuk soft skills mahasiswa baru dengan menanamkan karakter ACTIVE.

“ACTIVE merupakan budaya kerja khas UNS, singkatan dari Achievement Orientation, Customer Satisfaction, Teamwork, Integrity, Visionary dan Enterpreneurship," ujar dia dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Sabtu (11/8/2018).

Untuk membentuk karakter ACTIVE tersebut berbagai materi akan dipadukan antara lain ESQ (Emotional Spiritual Quotient), Public Speaking & Internasionalisasi, Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), Bela Negara, Penalaran Mahasiswa serta Kewirausahaan.

Rektor UNS menegaskan, di era global seperti sekarang ini, pembekalan soft skills dan wawasan kebangsaan, merupakan hal yang tidak bisa diabaikan dan menjadi pondasi dasar setiap mahasiswa.

“Khususnya menyangkut nasionalisme dan bela negara hal itu juga sejalan dengan komitmen UNS selama ini yaitu menjadi kampus benteng Pancasila. UNS diharapkan bisa menjadi kampus percontohan dalam penerapan nilai-nilai Pancasila, khususnya dalam menangkal paham radikal serta intoleran.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Juknis Tak Kunjung Turun, Dispar Bantul Lakukan Ini Agar Pembangunan Bukit Dermo Terealisasi Tahun Ini

Bantul
| Kamis, 18 April 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement