Advertisement

Kebakaran di Gedung Kemenhub, Korban Tewas 3 Orang

Newswire
Minggu, 08 Juli 2018 - 11:36 WIB
Nugroho Nurcahyo
Kebakaran di Gedung Kemenhub, Korban Tewas 3 Orang Ilustrasi kebakaran (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Kebakaran melanda gedung Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat lantai ke-5 dan 15 pada Minggu (8/7/2018) pukul 03.30 WIB. Tiga orang diketahui meregang nyawa dalam kejadian tersebut.

"Kondisi sampai saat ini api sudah berhasil diatasi oleh petugas pemadam kebakaran. Pak Menhub dan saya juga sudah mengecek langsung kondisi di lokasi kebakaran," ujar Sekretaris Jenderal Kemenhub Djoko Sasono saat ditemui di Jakarta, Minggu pagi.

Advertisement

Berdasarkan laporan kronologi kejadian, ungkap dia, api diketahui sekitar pukul 03.30 WIB. Saat itu petugas keamanan kantor yang sedang bertugas langsung memadamkan panel listrik yang berada di Gedung Karya Lantai ke-1 Kemenhub.

"Menurut laporan api diketahui pukul 03.30 dan satpam yang bertugas langsung mematikan panel listrik. Kemudian petugas pemadam kebakaran datang pukul 04.00," terang Djoko.

Djoko menyampaikan apresiasi Menhub kepada petugas pemadam kebakaran yang cepat tanggap dalam mengatasi kebakaran di Kantor Kemenhub.

"Kami juga ucapkan terima kasih kepada petugas yang sudah berhasil menemukan sumber api dan memadamkannya," katanya.

Menurut Djoko, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga memantau langsung penanganan kebakaran di Kantor Kemenhub.

Berdasarkan informasi Command Center, pengerahan mobil pemadam kebakaran sebanyak 17 unit. Situasi hingga pukul 07.30 WIB, proses pemadaman dan evakuasi korban, asap masih tebal.

Api yang membakar beberapa titik di gedung setinggi 29 lantai tersebut telah berhasil dipadamkan sekitar pukul 07.30 WIB, namun proses penyisiran korban hingga saat ini masih dilanjutkan. Akses pintu banyak yang terkunci, sehingga menyulitkan untuk pencarian korban di lantai atas.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta Subejo membenarkan ketiga korban ditemukan tewas karena kehabisan oksigen. "Tiga orang berjenis kelamin laki-laki itu ditemukan tewas di lantai 5, 9, dan 11 gedung Kementerian Perhubungan," kata dia.

Saat ini, tiga korban tewas telah berada di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Pusat untuk dilakukan proses identifikasi lebih lanjut.

Subejo juga mengonfirmasi total 14 orang telah berhasil dievakuasi dengan selamat, dan saat ini beberapa masih berada di mobil PMI untuk diberikan pertolongan pertama, sedangkan yang lainnya telah diizinkan pulang.

"Mereka kehabisan oksigen, tapi alhamdulillah selamat," kata dia lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Usulan Formasi PPPK-CPNS 2024 Disetujui Pusat, Pemkab Bantul: Kami Tunggu Kepastian Alokasinya

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement