Advertisement

Bukan Hanya Partisipasi, KPU Magelang Juga Tingkatkan Pengetahuan dan Kecerdasan Pemilih

Newswire
Selasa, 12 Juni 2018 - 05:21 WIB
Nina Atmasari
Bukan Hanya Partisipasi, KPU Magelang Juga Tingkatkan Pengetahuan dan Kecerdasan Pemilih Sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magelang 2018 bagi kelompok masyarakat terpilih, Senin (11/6 - 2018).

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG- Kabupaten Magelang akan melaksanakan pesta demokrasi berupa Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, serentak dengan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, akhir Juni ini.

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada Pilkada Serentak 2018 bukan hanya ingin meningkatkan partisipasi pemilih tetapi juga meningkatkan pengetahuan dan kecerdasan pemilih.

Advertisement

Komisioner KPU Kabupaten Magelang Dwi Endys Mindarwoko di Magelang, SeninĀ  (11/6/2018), mengatakan berdasarkan Pemilu 2014 tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Magelang cukup tinggi, namun jika dilihat tingkat partisi masyarakat dengan tingkat melek politiknya berbanding cukup jauh.

"Tingkat melek politik kita ini masih sangat rendah," katanya pada sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magelang 2018 bagi kelompok masyarakat terpilih, Senin.

Sosialisasi yang berlangsung di gedung Kwarcab Pramuka Kabupaten Magelang tersebut diikuti puluhan wartawan baik cetak maupun elektronik yang bertugas di Kabupaten Magelang.

Ia menuturkan berdasarkan survei pada sejumlah petani, dengan pertanyaan antara lain mengapa memilih sesorang, motivasi apa yang membuat mereka memilih, dan apakah mereka mengenal yang dipilih, rata-rata mereka tidak kenal yang dipilih dan cenderung tidak tahu.

Ia mengatakan hal ini yang membuat KPU merasa bahwa masyarakat ini perlu diberikan sosialisasi, perlu diberi pendidikan pemilih.

"Jadi bukan hanya meningkatkan partisipasi pemilih tetapi juga meningkatkan pengetahuan dan kecerdasan mereka, menjadikan pemilih di Kabupaten Magelang ini menjadi pemilih yang cerdas," katanya.

Ia mengatakan sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magelang 2018 harus dilakukan pada kelompok masyarakat yang mempunyai pengaruh bisa menyebarkan informasi seputar pemilihan kepala daerah tersebut.

Sebelumnya, sosialisasi juga dilakukan pada kelompok disabilitas, pelajar, perempuan, pemilih pemula dan komunitas pinggiran.

Ketua PWI Kabupaten Magelang Bagyo Suharsono menyampaikan terima kasih kepada KPU yang telah melakukan sosialisasi pilkada kapada wartawan sehingga nantinya dalam peliputan tentang pilkada wartawan bisa mengetahui aturan-aturan yang harus ditaati.

"Mudah-mudahan Pilkada 2018 berlangsung dengan lancar, jujur dan adil serta memperoleh pipimpinan yang sesuai harapan masyarakat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ratusan Juta Rupiah Dicairkan BPJS Ketenagakerjaan buat Pekerja di Kulonprogo

Kulonprogo
| Rabu, 01 Mei 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement