Advertisement

SEKAPUR SIRIH HUT HARIAN JOGJA: Berinovasi di Tengah Era Disrupsi

Anton Wahyu Prihartono
Minggu, 20 Mei 2018 - 15:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
SEKAPUR SIRIH HUT HARIAN JOGJA: Berinovasi di Tengah Era Disrupsi 10 Tahun Harian Jogja - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Pembaca Harian Jogja yang budiman. Tak terasa 20 Mei 2018 ini Harian Jogja telah menemani khalayak pembaca di daerah istimewa ini selama satu dasawarsa.

Satu dasawarsa tentu bisa dibilang masih sangat belia untuk ukuran media massa. Namun untuk usia perkembangan teknologi, tentu waktu dasawarsa adalah waktu yang penuh dinamika atau perubahan.

Advertisement

Tentu kita masih ingat kejayaan ponsel pintar Blackberry dengan teknologi trackball-nya yang populer saat tahun-tahun awal koran ini berdiri, yang kemudian digantikan oleh teknologi layar sentuh dan OS Android yang segera menggeser pasar.

Satu dasawarsa di dunia ketatanegaraan juga bukan waktu yang singkat. Dua kali lima tahun adalah waktu maksimal untuk menuntaskan dua periode pemerintahan atau satu rezim kekuasaan.

Memang untuk hitungan usia media massa, kami masih cukup muda. Namun kami terus bertekad memberikan yang terbaik kepada pembaca setia Harian Jogja. Kami akan berusaha mewujudkan Harian Jogja sebagai media rujukan informasi utama di Jogja yang memiliki kualitas konten terbaik

Sebagai media massa, kami akan tetap memegang prinsip jurnalistik, sehingga selalu menyajikan berita yang akurat, berimbang dan independen. Untuk mencapai itu, dalam menyajikan laporan kami senantiasa memegang teguh aturan main internal kami, yang kami sebut dengan prinsip ABC. Ini adalah singkatan dari accurate, brief, clear dan actual, balance, and complete. Prinsip ini kami anut agar sebagai media massa, kami tetap menjalankan fungsi kontrol sosial, memberikan informasi yang aktual dan tepercaya, menghibur, mengedukasi dan tentu saja menginspirasi.

Kami sadar, tantangan industri media massa, terutama media massa cetak, ke depan semakin sulit. Apalagi dengan masuknya kita di era disrupsi teknologi. Sumber informasi dengan mudah bisa didapatkan oleh masyarakat, dengan tanpa biaya. Namun tak sedikit informasi yang beredar di tengah masyarakat itu adalah kabar bohong, tidak memenuhi kaidah jurnalistik dan terdistorsi.

Oleh karena itu, kami berkeyakinan, media massa yang memegang teguh prinsip jurnalistiklah yang akan menjadi rujukan informasi masyarakat. Sebab semua informasi yang disebarkan, telah melalui proses verifikasi informasi yang ketat, profesional dan dapat dipertanggungjawabkan. Proses itu tidaklah murah. Informasi tidak murah, ia butuh biaya.

Dan segala jerih payah kami untuk menyajikan karya jurnalistik yang terpercaya itu telah diakui Dewan Pers, lembaga yang menaungi kehidupan pers di Indonesia. Pada akhir 2017 lalu, baik versi koran maupun media digital kami, www.harianjogja.com, telah dinyatakan terverifikasi sebagai media massa terpercaya oleh lembaga tersebut.

Tentu kami tidak cukup berpuas dengan semua itu. Sebab di tengah era Industri 4.0 yang mendisrupsi banyak aspek kehidupan masyarakat dan dunia usaha, kami sebagai sebuah entitas usaha hanya dihadapkan pada dua pilihan, inovasi atau mati. Dan kami memilih yang pertama, inovasi.

Maka dari itu, kami terus melakukan inovasi, baik inovasi dalam keragaman konten maupun inovasi desain agar tampilan Harian Jogja lebih segar bagi pembaca. Inovasi desain ini telah membuahkan hasil. Setiap tahun, Harian Jogja tak pernah absen meraih penghargaan The Best Java Newspaper Front Page Design di ajang Indonesia Print Media Award (IPMA) yang diselenggarakan Serikat Perusahaan Pers (SPS).

Dan untuk menjawab tantangan Industri 4.0, mulai 1 April 2018 kemarin, format digital www.harianjogja.com hadir dalam wajah baru yang menyesuaikan dinamika kebutuhan masyarakat. Ia lebih cepat dan ramah pengguna, sebagaimana kebutuhan masyarakat akan informasi melalui gadget di era kekinian.

Terakhir, bagi selalu menganggap pembaca setia Harian Jogja, relasi dan para klien adalah aset terbesar kami. Maka dari itu, kami akan terus bebenah dan terbuka menerima masukan atau kritik dari pembaca, relasi, dan klien.

Itu semua demi perbaikan dan peningkatan kualitas kami. Dengan demikian, koran yang kita cintai ini benar-benar bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ular Sanca Sepanjang 3,5 Meter Masuk ke Panti Asuhan di Gunungkidul, Berhasil Ditangkap Dinihari

Gunungkidul
| Rabu, 24 April 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement