Advertisement

Pemkab Gunungkidul Gelar Donor Darah di RSUD Wonosari

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 09 Mei 2018 - 20:37 WIB
Nina Atmasari
Pemkab Gunungkidul Gelar Donor Darah di RSUD Wonosari Kegiatan donor darah rangkaian perayaan HUT Gunungkidul ke-187, di RSUD Wonosari, Rabu (9/5/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Rangkaian hari ulang tahun Kabupaten Gunungkidul ke-187 tahun, Pemkab selenggarakan donor darah di RSUD Wonosari, Rabu (9/5/2018). Kegiatan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan darah di Gunungkidul.

Kepala Palang Merah Indonesia (PMI), Gunungkidul, Iswandoyo mengatakan saat ini kebutuhan akan darah di Gunungkidul cukup banyak, sehingga kegiatan rutin donor darah sangat penting untuk membantu orang yang membutuhkan bantuan darah.

Advertisement

“Persoalan atau masalah kesehatan yang membutuhkan bantuan donor darah cukup banyak. Misal demam berdarah, tipes, atau orang yang sedang operasi kan membutuhkan bantuan darah yang banyak. Selain itu juga beberapa penyakit tertentu memerlukan bantuan darah yang banyak, sehingga sangat penting donor darah tersebut,” katanya disela acara donor darah di RSUD Wonosari, Rabu (9/5/2018).

Dia mengatakan donor darah sangat bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain yang memerlukan bantuan. Dengan mendonorkan darah menurut Iswandoyo baik bagi kesehatan diri, selain itu dapat mendeteksi dini penyakit yang ada.

Kemauan masyarakat untuk mendonor menurutnya juga semakin meningkat dari waktu ke waktu dalam setiap acara donor darah setidaknya ada 150 orang yang dapat mendonor, untuk yang hadir bisa mencapai 200 orang setiap kegiatan donor darah.

“Semakin meningkat dari waktu ke waktu kemauan masyarakat untuk mendonorkan darah, dan itu hal baik untuk mengimbangi kebutuhan akan darah yang semakin banyak,” ucapnya.

Pihaknya mengaku akan selalu siap memfasilitasi jika ada yang ingin mengadakan kegiatan donor darah, baik dari lingkungan sekolah, kelompok, instansi tertentu, ataupun masyarakat. “Kami siap hadir di tengah-tengah mereka,” ucapnya.

Salah seorang pendonor darah dalam kegiatan donor darah rangkaian HUT Gunungkidul, Nur Arif Wibowo, mengaku mendukung kegiatan sosial semacam ini, untuk kepentingan masyarakat yang lebih baik.

“Sudah beberapa kali ikut donor darah. Pada dasarnya kalau saya jika memang aksi baik semacam ini ya mendukung, outputnya jelas juga untuk membantu masyarakat. Untuk diri sendiri juga sehat. Kalau saya harapannya selagi masih dapat membantu ya terus saya lakukan. Ya acara semacam ini sangat baik,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement