Advertisement

Perkuat Program Guardiancares, Guardian Tingkatkan Akses Sanitasi dan Kebersihan di Jogja

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 25 Oktober 2024 - 12:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Perkuat Program Guardiancares, Guardian Tingkatkan Akses Sanitasi dan Kebersihan di Jogja Program Guardiancares yang digelar di SD Negeri Boto, Nanggulan. Kulonprogo, Jumat (25/10 - 2024). Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Untuk membantu pemerintah menangani akses terhadap air bersih, sanitasi layak, dan kebersihan dasar di sekolah-sekolah, Guardian menggalakkan program Guardiancares salah satunya di Jogja.

Head of Marketing Guardian Indonesia, Malvin Tarigan menekankan pentingnya akses sanitasi di sekolah sebagai fondasi pendidikan yang berkualitas. Hal itu menjadi komitmen Guardian untuk membantu anak-anak Indonesia mendapatkan akses kesehatan yang layak di lingkungan sekolah melalui program Guardiancares.

Advertisement

BACA JUGA: Jumlah Anak Tidak Sekolah di Kabupaten Magelang Mencapai Ribuan

"Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan kebersihan dan kesehatan anak-anak, selaras dengan langkah Pemerintah dalam mencapai target kesehatan dan indikator SDGs terkait air, higienitas dan sanitasi (WASH),” ujar Malvin di SD Negeri Boto, Nanggulan. Kulonprogo, Jumat (25/10/2024).

Dia merujuk data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, di mana sebanyak 293.000 sekolah di Indonesia masih kekurangan akses terhadap air bersih, sanitasi layak, dan kebersihan dasar. Selain itu, Badan Pusat Statistik (BPS), mencatat 28,81% anak-anak Indonesia jatuh sakit setiap bulan akibat kekurangan air bersih.

Melalui program berkelanjutan Guardiancares, pihaknya fokus pada peningkatan kebersihan dan kesehatan anak-anak. Sejak diluncurkan pada 2022, program tersebut telah memberikan dampak positif melalui berbagai inisiatif, seperti penyediaan fasilitas sanitasi dan air bersih, mendonasikan lebih dari 24.000 produk sabun mandi Guardian kepada anak-anak dan keluarga di rusun serta sekolah, dan melaksanakan rangkaian edukasi terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Pada tahun ini, Guardian berkolaborasi dengan organisasi kemanusiaan, Human Initiative, untuk kembali mendistribusikan 24.000 produk Body Wash Guardian kepada anak sekolah di Jakarta, Banten, Jawa Barat, hingga Jogja. "Ada juga perbaikan serta pembuatan fasilitas air bersih untuk sekolah guna mendukung kebersihan dan kesehatan yang lebih baik di lingkungan sekolah," katanya.

Dukungan dari Human Initiative dan Dinas Kesehatan setempat dalam edukasi serta penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) juga menjadi bagian integral dari program ini, menjangkau lebih dari 40 sekolah di Pulau Jawa. Dengan melibatkan relawan dari karyawan internal Guardian, program ini bertujuan untuk menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi komunitas.

Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie mengatakan Pemda DIY mendukung inisiatif-inisiatif yang memberikan manfaat langsung kepada masyarakat. Hal ini juga memastikan setiap anak di Indonesia memiliki akses yang layak terhadap fasilitas kesehatan dan pendidikan yang berkualitas.

"Sinergi lintas sektor adalah kunci dalam mendukung percepatan pemenuhan kesehatan dan kebersihan anak-anak, khususnya sejak usia dini. Pemda DIY sangat mengapresiasi komitmen Guardian yang telah diwujudkan melalui program Guardiancares, di mana hal ini mendukung akselerasi implementasi PHBS terutama wilayah DIY untuk Indonesia Emas 2045," katanya.

Kepala Cabang Human Initiative Yogyakarta Muthori mengatakan kolaborasi antara Guardian dan Human Initiative dalam mendistribusikan 24.000 produk Body Wash Guardian serta memperbaiki fasilitas air bersih di sekolah-sekolah. "Hal ini menunjukkan komitmen bersama untuk meningkatkan kesehatan dan kebersihan di kalangan generasi muda. Kami percaya bahwa bersama-sama, kita dapat mewujudkan masa depan yang lebih sehat dan sejahtera untuk semua," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Bawaslu Bantul Beri Perlindungan Kerja kepada Pengawas Pilkada

Bantul
| Jum'at, 25 Oktober 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement