Advertisement

Profil Singkat Ni Luh Puspa, dari Jurnalis jadi Wamenpar di Kabinet Prabowo-Gibran

Newswire
Senin, 21 Oktober 2024 - 18:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Profil Singkat Ni Luh Puspa, dari Jurnalis jadi Wamenpar di Kabinet Prabowo-Gibran Ni Luh Puspa.ist/X - niluhpuspa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Ni Luh Enik Ermawati atau yang dikenal Ni Luh Puspa telah resmi menjabat Wakil Menteri Pariwisata (Wamenpar) periode 2024-2029 mendampingi Menteri Pariwisata Widiyanti Putri Wardhana.

Ni Luh ditunjuk oleh Presiden Republik Indonesia Prabowo Subianto dan bergabung di Kabinet Merah Putih periode 2024-2029.

Advertisement

BACA JUGA: Presiden Prabowo Subianto Lantik 48 Menteri dan 5 Pejabat Kabinet Merah Putih, Ini Daftar Lengkapnya

Untuk diketahui, Ni Luh Puspa kerap menghiasi layar kaca dan dikenal sebagai salah satu presenter di stasiun televisi. Jurnalis televisi kelahiran Singaraja, Bali pada 1986 ini, rupanya sempat tinggal di Sulawesi Barat, tepatnya di Mamuju saat berusia 3 bulan.

Srikandi baru di sektor pariwisata ini lantas kembali ke Pulau Dewata saat berusia 7 tahun. Dari sisi pendidikan, Ni Luh Puspa menyelesaikan studi di STIE Nobel Indonesia Makassar pada 2016.

Sementara soal perjalanan karier, pada 2010 ia pernah menjajal peruntungan sebagai penyiar radio lokal di Makassar. Pada 2012, ia pun berkecimpung dalam dunia pertelevisian dan bergabung dengan stasiun televisi lokal Makassar.

Dengan berbekal kemampuan dan pengalaman yang ia miliki, langkah tegas itu pun membawanya menjadi jurnalis Kompas TV. Presenter Kompas TV yang menggawangi acara "Ni Luh" ini sebelumnya konsen di liputan khusus bertema politik, ekonomi, sosial.

Mengawali karir jurnalistik di radio lokal lalu SUN TV Makassar, masa kecil Ni Luh sungguh keras. Dia dikabarkan pernah menjadi ART, sales, hingga petugas kebersihan.

Putri pertama dari tiga bersaudara ini pun kini mantap melangkahkan kaki sebagai Wamenpar dan menghadapi berbagai tantangan dalam memajukan sektor pariwisata Indonesia. 

Misalnya, soal capaian kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara, infrastruktur pariwisata, konektivitas menuju destinasi wisata hingga pengembangan SDM sektor pariwisata.

Masyarakat Indonesia pun menantikan gebrakan nyata dari Srikandi Kementerian Pariwisata dalam memajukan sektor itu. Kehadirannya dalam kabinet Prabowo-Gibran, sempat mengejutkan dan sepak terjangnya tengah ditunggu para pelaku wisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Absen Saat Laga Lawan Barito, Bek Sayap PSS Phil Ofusu-Ayeh Alami Cedera Achilles Tendinitis

Sleman
| Senin, 21 Oktober 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement