Advertisement

Iran Nyatakan Berada di Pihak Lebanon

Newswire
Minggu, 13 Oktober 2024 - 17:27 WIB
Ujang Hasanudin
Iran Nyatakan Berada di Pihak Lebanon Seorang sukarelawan menemani anak-anak pengungsi di tempat penampungan di Sidon, Lebanon selatan, pada 2 Oktober 2024. (ANTARA/Xinhua - Ali Hashisho)

Advertisement

Harianjogja.com, BEIRUT— Ketua Parlemen Iran Mohammad Bagher Ghalibaf menyatakan bahwa Teheran "mendukung apapun keputusan pemerintah dan kelompok perlawanan di Lebanon" di tengah serangan Israel terhadap negara itu.

"Saya membawa pesan dari kepemimpinan Iran bahwa negara kami akan tetap di sisi Lebanon selama masa-masa sulit ini, "kata Ghalibaf dalam konferensi pers bersama mitra Lebanon-nya, Nabih Berri, setelah melangsungkan sebuah pertemuan di daerah Ain El Tineh di Beirut barat, Sabtu (12/10)

Advertisement

Ketua parlemen Iran itu mengatakan "Pemerintah dan bangsa Iran siap membantu orang-orang yang mengungsi dan dilanda perang di Lebanon dengan mengirimkan pasokan yang meluas melalui koridor udara. ”

Ghalibaf dijadwalkan berangkat dari Beirut menuju Jenewa untuk menghadiri pertemuan Inter-Parliamentary Union (IPU) di mana dia mengatakan akan menyampaikan pesan penindasan terhadap rakyat Lebanon, menurut kantor berita negara yang dikelola pemerintah, IRNA.

BACA JUGA: Serangan Israel ke Markas PBB UNIFIl Lebanon, 34 Negara Tuntut Jaminan Keamanan

Israel telah melakukan serangan udara besar-besaran di Lebanon terhadap apa yang diklaimnya sebagai target Hizbullah sejak 23 September, menewaskan setidaknya 1.437 orang, melukai lebih dari 4.123, dan menyebabkan lebih dari 1,34 juta orang mengungsi.

Serangan udara tersebut adalah eskalasi dari perang lintas batas antara Israel dan Hizbullah selama setahun sejak terjadi serangan di Jalur Gaza.

Meski masyarakat internasional memperingatkan bahwa Timur Tengah berada di ambang perang regional di tengah serangan tanpa henti Israel terhadap Gaza dan Lebanon, Tel Aviv telah memperluas konflik dengan meluncurkan serangan ke Lebanon selatan pada 1 Oktober.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara - Anadolu

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Posyandu Kapulogo IV Kotagede Wakili Kota Jogja Maju Lomba Tingkat Provinsi

Jogja
| Minggu, 13 Oktober 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Wisata Kesehatan yang Tak Tertandingi di Turki

Wisata
| Sabtu, 12 Oktober 2024, 00:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement