Advertisement

Soal Peluang Masuk Kabinet Prabowo-Gibran, Pratikno: Saya Deg-degan

Dany Saputra
Rabu, 09 Oktober 2024 - 11:27 WIB
Ujang Hasanudin
Soal Peluang Masuk Kabinet Prabowo-Gibran, Pratikno: Saya Deg-degan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. - Antarafoto

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengaku deg-degan mengenai nasib atau masa depannya setelah pelantikan Prabowo Subianto sebagai presiden menggantikan Joko Widodo (Jokowi).

Pratikno juga merespons rumor yang menyebut dirinya masuk ke dalam bursa calon menteri kabinet pemerintahan Prabowo Subianto–Gibran Rakabuming.

Advertisement

Pratikno, yang sudah sekitar 10 tahun belakangan menjadi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) era Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun tidak merespons dengan spesifik terkait dengan rumor tersebut.

"Masuk tuh deg-degan saya," ujarnya kepada wartawan, Selasa (8/10/2024).

Pratikno hanya menjelaskan alur persiapan yang harus dilakukan nantinya setelah ada kepastian mengenai kabinet pemerintahan mendatang. Dia menyebut lembaga yang dipimpin olehnya saat ini sudah mempersiapkan terkait dengan kabinet pemerintahan mendatang.

BACA JUGA: Ketua PBNU Berharap Separuhnya Menteri Kabinet Prabowo dari Kader NU

Awalnya, Presiden terpilih akan menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang nama kabinet, daftar kementerian dan menteri apa saja yang akan menjadi nomenklatur di pemerintahannya.

Kemudian, di dalam Pepres tersebut, akan ada Keputusan Presiden (Keppres) untuk siapa menteri-menteri atau kepala badan/lembaga yang akan mengisi kabinet. Setelah itu, baru akan dilaksanakan pelantikan.

"Setelah Perpres terbit, artinya ada lembaganya, kemudian terbit Keppres nama-nama orang untuk mengisi masing-masing kementerian yang ada di dalam Perpres kabinet itu. Itu ya selalu begitu," jelas Pratikno yang sudah 10 tahun menjabat Mensesneg.

Adapun Prabowo pernah membocorkan bahwa sebagian dari menteri Kabinet Indonesia Maju saat ini akan ditarik juga ke kabinetnya nanti.

Hal ini diungkapkan oleh Prabowo dalam pidatonya di Penutupan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Gerindra di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Sabtu (31/8/2024).

"Pak, maaf pak. Karena bapak milih orang-orang hebat, maka sebagian dari mereka, kabinet saya nanti ini," terang Prabowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

22 Anak jadi Korban Pencabulan Sesama Jenis di Sleman, Begini Modus Pelaku Melancarkan Aksinya

Sleman
| Rabu, 09 Oktober 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Bikin Seru Staycation Anda di Oktofest Super Sale Hotel Grand Rohan Jogja

Wisata
| Senin, 07 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement