Advertisement

Presiden Jokowi Keluarkan Perpres Pembentukan Badan Gizi Nasional, Pelajar Jadi Prioritas

Akbar Maulana al Ishaqi
Minggu, 18 Agustus 2024 - 23:07 WIB
Maya Herawati
Presiden Jokowi Keluarkan Perpres Pembentukan Badan Gizi Nasional, Pelajar Jadi Prioritas Ilustrasi siswa makan siang / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2024 tentang pembentukan Badan Gizi Nasional. Badan ini bakal menjalankan berbagai program dengan pelajar dan ibu menyusui sebagai prioritas.

Badan Gizi Nasional dibentuk sesuai dengan Perpres yang diundangkan pada 15 Agustus 2024. Badan Gizi Nasional ini memiliki tugas melaksanakan pemenuhan gizi nasional. Target dari program pemenuhan gizi dalam Perpres ini adalah kepada empat sasaran masyarakat.

Advertisement

Pertama adalah untuk para pelajar, yaitu peserta didik pada jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah di lingkungan pendidikan umum, pendidikan kejuruan, pendidikan keagamaan, pendidikan khusus, pendidikan layanan khusus, dan pendidikan pesantren.

Kemudian sasaran yang kedua hingga keempat adalah anak usia di bawah lima tahun, ibu hamil, dan ibu menyusui.

Adapun peserta didik yang dimaksud di dalam Perpes ini adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu.

BACA JUGA: Fenomena Supermoon Biru Terjadi Besok Senin 19 Agustus 2024

Perpres 83/2024 tentang Badan Gizi Nasional ini akan menjadi landasan program Makan Bergizi Gratis yang menjadi janji kampanye Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto.

Dalam dokumen Buku II Nota Keuangan RAPBN 2025 dijelaskan bahwa pemerintah merancang program Makan Bergizi Gratis melalui pemberian makan bergizi dan susu gratis.

Sasarannya sama seperti yang tertuang di Perpres 83/2024, yakni untuk pelajar di sekolah dan pesantren, serta bantuan gizi untuk anak balita dan ibu hamil/menyusui.

Adapun pemerintah telah resmi menetapkan rancangan anggaran untuk program Makan Bergizi Gratis pada 2025 sebesar Rp71 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tanaman Cabai di Galur Terserang Hama, Dinas Pertanian Kulonprogo Lakukan Ini

Kulonprogo
| Senin, 16 September 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement