Advertisement

Bank Jago Berhasil Mendeteksi Tindakan Fraud Sejak Dini, Dana dan Data Nasabah Jadi Prioritas

Anshary Madya Sukma
Rabu, 10 Juli 2024 - 10:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Bank Jago Berhasil Mendeteksi Tindakan Fraud Sejak Dini, Dana dan Data Nasabah Jadi Prioritas Penangkapan - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Bank Jago berhasil mendeteksi tindakan fraud yang terjadi di internal bank dan dilakukan sejak dini melalui pemeriksaan.

Marchelo, Corporate Communication PT Bank Jago Tbk menyatakan Bank Jago percaya keamanan dana dan data nasabah merupakan prioritas utama.

Advertisement

“Untuk itu kami menerapkan proses manajemen risiko dan strategi anti-fraud sebagai langkah mitigasi atas tindakan penyimpangan yang dilakukan pihak internal maupun eksternal,” ujarnya dalam keterangan tertulis Rabu (12/7/2024).

Mitigasi penyimpangan ini dilakukan pada kasus eks karyawan Bank Jago berinisial IA (33) yang ditangkap Penyidik Polda Metro Jaya. Ia diduga menggelapkan dana nasabah yang diblokir perusahaan sebesar Rp1,39 miliar.

Bank Jago menurut Marchelo secara proaktif melaporkan tindakan penyimpangan kepada pihak kepolisian untuk diproses lebih lanjut.

BACA JUGA: KASUS PENGGELAPAN: Nasabah PT Adira Dinamika Multifinance Jogja Divonis 2,5 Tahun

Selain itu Bank Jago juga mengapresiasi Polda Metro Jaya atas tindak lanjut pelaporan dan langkah-langkah yang telah dilakukan dan menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian untuk melanjutkan proses hukum terhadap tindakan fraud yang telah terjadi.

“Langkah tegas ini merupakan bentuk komitmen untuk menjaga keamanan dana dan data nasabah serta memberikan efek jera pelaku tindakan fraud,” katanya.
Bank Jago juga menjamin tidak ada nasabah yang dirugikan atau nasabah mengalami kehilangan dana.
“Kasusnya sudah terselesaikan dan tidak ada nasabah yang dirugikan. Bank Jago akan terus bekerja sama dengan kepolisian untuk menuntaskan kasus ini dan melakukan berbagai langkah mitigasi untuk mencegah tindakan serupa terjadi di masa depan,” katanya.

BACA JUGA: Diduga Gelapkan Ponsel, Dua Warga Bantul Ditangkap Polisi
Atas perbuatannya, IA disangkakan Pasal 30 ayat (1) jo Pasal 46 ayat (1) dan atau Pasal 32 ayat (1) jo Pasal 48 ayat (1) UU 19/2016 Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Dan atau Pasal 81 Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2011 tentang transfer Dana dan atau Pasal 3, Pasal 4, dan Pasal 5 UU No.8/2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Soal Insiden di Teras Malioboro 2, Begini Respons Pemda DIY

Jogja
| Senin, 15 Juli 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Bogor

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement