Advertisement

Jelang 17 Agustus 1945, Proyek Jalan Tol IKN Dikebut

Alifian Asmaaysi
Kamis, 04 Juli 2024 - 10:17 WIB
Sunartono
Jelang 17 Agustus 1945, Proyek Jalan Tol IKN Dikebut Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengebut penyelesaianjalan tol akses Ibu Kota Nusantara (IKN) jelang seremoni Upacara HUT ke-79 RI yang akan digelar di IKN pada 17 Agustus 2024. - Kementerian PUPR.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengebut penyelesaian jalan tol akses Ibu Kota Nusantara (IKN) jelang seremoni Upacara HUT ke-79 RI yang akan digelar di IKN pada 17 Agustus 2024.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Rachman Arief Dienaputra menyatakan saat ini proyek infrastruktur jalan fokus merampungkan konstruksi pada tiga ruas Tol IKN utama, terdiri atas Tol 3A, 3B dan 5A. Ketiga ruas jalan tol yang digunakan untuk mempercepat pencapaian jaringan jalan dari Bandara Sepinggan sampai dengan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan.

Advertisement

BACA JUGA : Nusantara Airport Jadi Nama Bandara di IKN, Menhub Targetkan Pengoperasian di 1 Agustus

"Dari waktu tempuh yang biasanya kita sampai dengan 150 menit, insyaallah dengan penanganan yang dilakukan mulai dari Tol 3A, 3B, dan 5A, bisa kita tempuh dalam waktu 71 menit,” katanya sebagaimana dikutip JIBI/Bisnis Indonesia Kamis (4/7/2024).


Ketiga ruas jalan itu secara detail terdiri atas Tol IKN Seksi 3A membentang dari Karangjoang – KKT Karingau. Saat ini, progresnya mencapai 80,2% serta Seksi 3B pada segmen KKT Karingau – SP. Tempadung sebesar 88,8%. Kemudian, Seksi 5A SP. Tempadung – Jembatan Pulau Balang saat ini progres konstruksinya telah menyentuh 86,8%.

“Mudah-mudahan semuanya bisa kita lakukan, bisa dilaksanakan sebagaimana yang kita rencanakan, intinya dikejar dulu target untuk 17 Agustus. Setelah itu kita akan mengejar target-target sebagaimana kontraktual yang sudah kita sepakati bersama penyedia jasa,” ujarnya.

Ketua Komisi V DPR RI Lasarus menegaskan pembangunan IKN akan terus berlanjut lantaran telah tertuang dalam undang – undang. Dia menegaskan komitmen dan kebersamaan pemerintah menjadi poin penting guna mendorong penyelesaian IKN. Lasarus juga menuturkan, saat ini target utama konstruksi IKN adalah melakukan percepatan konstruksi jelang Upacara Kemerdekaan pada 17 Agustus 2024. 

“Untuk komitmen dan kebersamaan sangat penting saya rasa, guna menyelesaikan IKN ini ke depannya,” pungkasnya. Sebagai informasi, pelaksanaan Upacara Kemerdekaan RI di IKN bakal digelar di dua titik lokasi, yakni di IKN dan di Istana Negara Jakarta. 

BACA JUGA : Menteri ATR Ungkap Empat Paket Pengadaan Tanah di IKN Selesai

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis H. Sumadilaga menyebut, kapasitas lapangan upacara di IKN sendiri dilaporkan dapat menampung 6.000 orang. ejumlah sarana dan prasarana juga akan dikebut rampung jelang penyelenggaraan Upacara Kemerdekaan RI di IKN.

Salah satunya, akan terdapat tiga rumah sakit yang bakal fungsional pada Agustus 2024. Ketiga rumah sakit tersebut, yakni RS Hermina yang bakal memfungsikan 50 kamar, Rumah Sakit Kementerian Kesehatan, dan RS Mayapada.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KRL Solo Jogja Hari Ini, Minggu 7 Juli 2024, Berangkat dari Stasiun Palur, Jebres dan Solo Balapan

Jogja
| Minggu, 07 Juli 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicip Nasi Jamblang Khas Cirebon di Kota Jogja

Wisata
| Sabtu, 06 Juli 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement