Advertisement

Gelar Silatkos Nasional di Jogja, Salimah Perkuat Peran Kossuma di Masyarakat

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 29 Juni 2024 - 02:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Gelar Silatkos Nasional di Jogja, Salimah Perkuat Peran Kossuma di Masyarakat Persaudaraan Muslimah (Salimah) menggelar Silaturahmi Koperasi Salimah (Silatkos) Nasional 2024 di Jogja, Jumat (28/6 - 2024). Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Persaudaraan Muslimah (Salimah) menggelar Silaturahmi Koperasi Salimah (Silatkos) Nasional 2024 di Jogja. Kegiatan tersebut diharapkan lebih memperkuat peran Koperasi Syariah Serba Usaha Salimah (Kossuma) di masyarakat.

Ketua Umum Salimah, Etty Pratiknyowati dalam sambutannya menyampaikan bahwa perjuangan perempuan Indonesia menjadi inspirasi berdirinya Salimah pada tahun 2000. Perempuan dapat bekerja sama dengan pria untuk tercapainya kehidupan yang seimbang dan harmonis.

Advertisement

"Sangat penting kaum perempuan muslimah untuk berkiprah dan berpartisipasi dalam pembangunan melalui peran strategisnya pada ranah publik maupun domestik," katanya saat pembukaan Silatkos, Jumat (28/6/2024) di Hotel Grand Serela Jogja.

BACA JUGA: Belum Semua Koperasi Tambang Emas Kulonprogo Dalam Kategori Sehat, Dinkop UKM Terus Dampingi

Menurutnya, keberadaan Salimah sebagai Ormas perempuan sudah tersebar di 36 provinsi, 400 kabupaten/kota berkomitmen untuk hadir di masyarakat. Tujuannya, untuk meningkatkan kualitas hiduo perempuan, anak dan keluarga Indonesia.

"Salah satu program Salima adalah Koperasi Kossuma yang anggota masyarakat perempuan dari berbagai kalangan. Sejak 2008 sudah berdiri 119 Kossuma di Indonesia," katanya.

Dia berharap, berdirinya Kossuma di setiap kabupaten bisa membantu ekonomi keluarga Indonesia. Terdapat 37 juta UMKM perempuan di Indonesia yang membutuhkan pendampingan dan pembinaan agar berkembang dan bermanfaat meningkatkan kesejahteraan keluarga.

"Kami banyak melakukan pendampingan kepada mereka [pelaku UMKM perempuan] dengan melibatkan berbagai instansi, ormas dan lembaga lainnya," katanya.

Silatkos Nasional yang berlangsung hingga Minggu (30/6/2024) tersebut akan diisi dengan beragam kegiatan. Mulai capacity building, Rapat Anggota Tahunan (RAT), talkshow inspirasi bisnis dan kunjungan kerja ke Koperasi Syariah Serba Usaha Salimah (Kossuma) dan UMKM binaan di Jogja.

BACA JUGA: PROMOSI POTENSI DAERAH: UMKM Kota Jogja Pamerkan Produk Unggulan di Rakernas ICE Apeksi

Ketua PW Salimah DIY, Tri Winarsih mengatakan Salimah mendirikan koperasi dengan tujuan untuk membantu mereka yang kesulitan secara ekonomi. "Dengan semakin banyaknya perempuan yang bergabung ke dalam koperasi Salimah maka diharapkan akan semakin banyak yang merasakan manfaatnya," katanya.

Ketua Induk Kossuma, Eko Sri Wahyuni mengatakan Kossuma juga bertujuan untuk membantu anggota dan masyarakat terhindar dari jeratan riba yang diharamkan dalam Islam. Kehadiran Kosuma sangat membantu anggotanya memenuhi kebutuhan modal usaha maupun kebutuhan lainnya.

"Acara yang digelar ini menjadi ajang silaturahmi dan akan ada Rapat Anggota Tahunan (RAT) Inkossuma juga," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Event di Jogja dan Sekitarnya Selama Juli 2024, dari Prambanan Jazz hingga Festival Layang-layang

Jogja
| Senin, 01 Juli 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement