Advertisement

Presiden Malawi Minta Bantuan Negara Tetangga Cari Pesawat Militer Hilang yang Bawa Wakil Presiden

Newswire
Selasa, 11 Juni 2024 - 15:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Presiden Malawi Minta Bantuan Negara Tetangga Cari Pesawat Militer Hilang yang Bawa Wakil Presiden Ilustrasi orang hilang. - Ist/Okezone

Advertisement

Harianjogja.com, MALAWI—Wakil Presiden Saulos Chilima dan sembilan orang lainnya hilang pada Senin (10/6/2024) pagi. Presiden Malawi Lazarus Chakwera menghubungi negara tetangga dan mitra untuk meminta bantuan menemukan pesawat militer yang membawa rombongan Wakil Presiden tersebut.

Dalam pidato yang disampaikan larut malam untuk memberi informasi terkini kepada rakyat Malawi tentang pesawat yang hilang tersebut, Chakwera menyatakan telah menghubungi Pemerintah AS, Israel, Norwegia, dan Inggris untuk minta bantuan.

Advertisement

Menurut Chakwera, para mitra pembangunan tersebut telah menawarkan dukungan mereka dalam berbagai bentuk, termasuk penggunaan teknologi khusus yang akan meningkatkan kapasitas untuk menemukan pesawat tersebut lebih cepat.

"Saya tahu bahwa ini adalah situasi yang memilukan. Saya tahu bahwa kita semua takut dan khawatir. Saya juga khawatir," ujar dia.

"Namun, saya ingin meyakinkan Anda bahwa saya tidak menyia-nyiakan sumber daya yang tersedia untuk menemukan pesawat itu, dan saya berpegang teguh pada harapan bahwa kita akan menemukan korban selamat," kata Chakwera, menambahkan.

Baca Juga

Pesawat Tiba-tiba Muncul Setelah 37 Tahun Hilang, Begini Faktanya..

Helikopter Ditumpangi Wapres Malawi Hilang Kontak

Pesawat Kargo Pilatus Hilang di Tarakan, Warga Dengar Dentuman di Gunung Batuarit

Pesawat yang membawa Wakil Presiden Chilima meninggalkan Ibu Kota Lilongwe pada Senin pukul 9.17 pagi waktu setempat, dalam perjalanan menuju Kota Mzuzu di utara Malawi.

Sejatinya, Wapres Chilima dijadwalkan menghadiri upacara pemakaman mantan Menteri Kehakiman dan Jaksa Agung negara tersebut, Ralph Kasambara, yang meninggal dunia secara mendadak pada Jumat (7/6/2024).

Namun menurut Angkatan Pertahanan Malawi, pesawat tersebut gagal mendarat sesuai jadwal di Bandara Internasional Mzuzu karena jarak pandang yang buruk dan terpaksa kembali ke Lilongwe, tetapi menghilang dari radar saat dalam perjalanan menuju ibu kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tingkatkan Kunjungan Wisata Saat Liburan Sekolah, Bantul Siapkan Beragam Acara

Bantul
| Senin, 24 Juni 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement