Advertisement

Produsen Elektronik Mulai Terapkan Sistem Daur Ulang untuk Kurangi Sampah

Newswire
Rabu, 08 Mei 2024 - 18:07 WIB
Sunartono
Produsen Elektronik Mulai Terapkan Sistem Daur Ulang untuk Kurangi Sampah Foto ilustrasi elektronik. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Produsen elektronik saat ini terus berupaya untuk mengurangi penggunaan bahan yang berpotensi menambah sampah. Sistem daur ulang peralatan elektronik bahkan sudah mulai diterapkan hingga penggunaan teknologi ramah linkungan.

Branch Manager Modena Bambang Setiawan mengatakan komitmennya terkait elektronik yang ramah lingkungan. Salah satunya melalui penerapan teknologi yang mampu menghemat listrik hingga penggunaan panel surya. Sebuah water heater atau pemanas air menggunakan energi matahari.

Advertisement

BACA JUGA : Taksi Terbang Disiapkan untuk Moda Transportasi di IKN, Ketua MPR: 100 Persen Ramah Lingkungan

"Saat ini peminat produk ramah lingkungan semakin banyak, karena masyarakat perlahan mulai sadar," katanya Selasa (7/5/2024).

Selain itu penerapan sistem ramah lingkungan dengan melakukan daur ulang terhadap barang elektronik yang sudah rusak. Dengan demikian konsumen tidak perlu khawatir lagi, ketika memiliki barang usang yang mangkrak.

"Kami tetap mendukung, ada barang yang sudah tidak dapat digunakan lagi, barang itu kita beli dan kita daur ulang dengan treatment kami. Sehingga konsumen baik di rumah tidak memikirkan lagi barang rusak mau diapain," ujarnya.

Konsep daur ulang tersebut diakuinya memang masih dalam taraf selektif. Ia mencontohkan barang dengan bahan plastik memungkinkan didaur ulang. Selain itu sejumlah onderdil pada rangakaian elektronik biasanya masih dapat dipergunakan lagi dengan tidak mengurangi kualitas produk baru.

"Lebih pada barang tertentu, memang tidak mengolah secara langsung, part itu dikumpulkan, konsumen tidak terpakai tetapi bisa digunakan, seperti standar Eropa ada khusus barang yang dipakai ulang," katanya.

Ia turut mempersembahkan inovasi terbaru yaitu kitchen ecosystem dan utility room ecosystem. Inovasi ini terdiri atas dispenser DD 65 L hadir untuk memenuhi kebutuhan air minum sehari-hari serta Portable Induction PI 2316 yang menjadi solusi menginginkan mobilitas dalam memasak.

"Kami memiliki Air Fryer AF 2510 BEBL untuk membuat proses memasak yang cepat, sehat, dan hemat energi. Kemudian ada rangkaian produk mesin cuci dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti allergy care dan steam care, yang memastikan kebersihan dan kesehatan serta ramah lingkungan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemda DIY Siapkan Rp1 Miliar untuk Beasiswa Perguruan Tinggi

Gunungkidul
| Senin, 20 Mei 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement