Advertisement

Tiga Orang Tewas dalam Serangan Israel ke Lebanon, Termasuk Komandan Hizbullah

Aprianus Doni Tolok
Rabu, 17 April 2024 - 08:27 WIB
Ujang Hasanudin
Tiga Orang Tewas dalam Serangan Israel ke Lebanon, Termasuk Komandan Hizbullah Bendera Israel dan Iran. Ist - x /

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Tiga orang tewas dalam serangan Israel di Lebanon selatan pada Selasa (16/4/2024), salah satu yang tewas adalah seorang komandan lapangan Hizbullah, Ismail Baz.

Militer Israel mengatakan Ismail Baz, yang tewas dalam serangan terhadap sebuah mobil di dekat kota selatan Ain Ebel, adalah komandan sektor pesisir Hizbullah dan terlibat dalam perencanaan serangan roket dan rudal anti-tank terhadap Israel.

Advertisement

Dilansir dari CNA, Rabu (17/4/2024), Hizbullah mengeluarkan pernyataan berduka atas kematian Baz namun tidak menjelaskan lebih lanjut perannya dalam organisasi tersebut.

Serangan terpisah Israel terhadap dua kendaraan di dekat kota selatan Chehabiyeh menewaskan sedikitnya dua anggota Hizbullah, kata sumber keamanan dan pejabat pertahanan sipil.

Hizbullah dan Israel telah saling baku tembak bersamaan dengan perang Gaza, yang merupakan permusuhan paling serius sejak kedua negara terlibat dalam perang besar pada 2006.

BACA JUGA: Siapkan Operasi Perisai Besi, Israel Bakal Serang Balik Iran

Pertempuran tersebut telah merenggut nyawa sedikitnya 370 warga Lebanon, termasuk lebih dari 240 pejuang Hizbullah dan 68 warga sipil, menurut laporan Reuters dan telah memicu kekhawatiran tentang potensi eskalasi lebih lanjut antara musuh-musuh regional. Sementara itu, Delapan belas warga Israel, termasuk tentara dan warga sipil, tewas.

Kekhawatiran tersebut meningkat setelah serangan Iran yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel dengan ratusan drone, rudal jelajah, dan rudal balistik yang diluncurkan pada Sabtu malam, yang mana para pejabat Israel berjanji akan membalasnya.

Iran menyebut serangan itu sebagai pembalasan atas serangan Israel yang meratakan sebuah gedung di kompleks kedutaan besarnya di Damaskus pada 1 April dan menewaskan dua jenderalnya dan beberapa perwira lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puncak Hari Tari, Ratusan Penari Meriahkan Jogja Joged di Museum Gunung Api Merapi

Sleman
| Selasa, 30 April 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement