Advertisement

Siapkan Operasi Perisai Besi, Israel Bakal Serang Balik Iran

Erta Darwati
Selasa, 16 April 2024 - 10:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Siapkan Operasi Perisai Besi, Israel Bakal Serang Balik Iran Bendera Israel dan Iran. Ist - x /

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Israel sedang mempertimbangkan kemungkinan langkah lebih lanjut menyusul serangan besar-besaran yang dilakukan Iran. Salah satunya dengan operasi perisai besi.

Kepala Staf Umum Israel Herzi Halevi mengatakan pihaknya masih mempertimbangkan langkah balasan untuk Iran. “Kami melihat ke depan, kami mempertimbangkan langkah-langkah kami, dan peluncuran begitu banyak rudal, rudal jelajah, dan UAV [pesawat tanpa awak] ke wilayah negara Israel akan mendapat tanggapan,” katanya saat mengunjungi Pangkalan Udara Nevatim, dilansir TASS, Selasa (16/4/2024).

Advertisement

BACA JUGA: Seluruh Korban Longsor Tana Toraja Ditemukan, BNPB: Operasi SAR Gabungan Dihentikan

Meski begitu, lanjut Halevi, militer Israel telah mempersiapkan diri dengan baik dalam operasi "Perisai Besi" untuk melawan serangan Iran. Ini adalah penyebutan pertama nama operasi tersebut.

“Iran ingin merusak kemampuan strategis negara Israel sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya. Kami bersiap untuk operasi ‘Perisai Besi’ persiapan yang membawa Iran juga menghadapi superioritas udara,” ujarnya.

Seperti diketahui, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) melaporkan bahwa Iran telah meluncurkan drone dari wilayahnya menuju Israel, pada Sabtu malam (13/4/2024).

Iran meluncurkan puluhan drone dan rudal ke arah Israel sebagai tanggapan atas kejahatan berulang dari Tel Aviv, termasuk serangan terhadap kantor konsuler Kedutaan Besar Iran di Damaskus yang dianggap dilakukan oleh Israel.

BACA JUGA: Meta Tutup Akses Threads di Turki, Ini Permasalahannya

Militer Israel mengatakan lebih dari 100 drone diluncurkan dari Iran, dan sumber keamanan di Irak dan Yordania melaporkan 10 drone terlihat berterbangan di langit, serta para pejabat AS mengatakan militernya telah menembak jatuh beberapa drone tersebut.

Sirene meraung-raung di Israel dan media lokal melaporkan terdengar bunyi gedebuk dan ledakan dari kejauhan. Iran menyatakan bahwa fasilitas militer di Israel menjadi sasarannya.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengklaim telah mencegat 99% dari hampir 300 proyektil yang diluncurkan ke Israel. Israel tidak melaporkan adanya korban jiwa atau cedera serius dari serangan Iran itu, hanya mengatakan kerusakan kecil terjadi di Pangkalan Udara Nevatim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Beli Tiket Kereta Bandara YIA Bisa via Online, Begini Caranya

Jogja
| Selasa, 30 April 2024, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement