Advertisement

Berikut Daftar Negara yang Mendukung Israel dan Mengecam Serangan Iran

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 14 April 2024 - 13:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Berikut Daftar Negara yang Mendukung Israel dan Mengecam Serangan Iran Bendera Israel dan Iran. Ist - x

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sejumlah negara mengutuk serangan Iran dengan ratusan drone dan membela Israel. Mereka menilai serangan balasan Iran tersebut menambah panas situasi dan berpotensi menimbulkan perang antar wilayah.

Berikut daftar negara yang kutuk serangan Iran ke Israel

Advertisement

1. Amerika

Presiden Joe Biden mengutuk serangan udara Iran yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel dan mengadakan pertemuan para pemimpin G-7 pada hari Minggu untuk mengembangkan tanggapan terkoordinasi terhadap serangan kurang ajar tersebut.

Komentarnya muncul ketika pasukan Amerika bergabung dalam upaya untuk menjatuhkan drone dan rudal yang diluncurkan oleh Teheran. Israel mengatakan mereka dan sekutunya telah mencegat sebagian besar lebih dari 200 drone dan rudal yang diluncurkan oleh Iran.

BACA JUGA: Serangan Iran ke Israel Sesuai Pasal 51 Piagam PBB

“Sebelumnya hari ini, Iran—dan proksinya yang beroperasi di Yaman, Suriah, dan Irak—meluncurkan serangan udara yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap fasilitas militer di Israel. Saya mengutuk keras serangan ini,” kata Biden setelah pembicaraan telepon dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Biden mengatakan atas arahannya, untuk mendukung pertahanan Israel, militer AS memindahkan pesawat dan kapal perusak pertahanan rudal balistik ke wilayah tersebut selama seminggu terakhir. “Berkat pengerahan ini dan keterampilan luar biasa dari prajurit kami, kami membantu Israel menghancurkan hampir semua drone dan rudal yang masuk,” katanya.

“Saya baru saja berbicara dengan Perdana Menteri Netanyahu untuk menegaskan kembali komitmen kuat Amerika terhadap keamanan Israel,” katanya.

Israel menunjukkan kapasitas yang luar biasa untuk bertahan melawan dan mengalahkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya – mengirimkan pesan yang jelas kepada musuh-musuhnya bahwa mereka tidak dapat secara efektif mengancam keamanan Israel, katanya.

“Besok, saya akan bertemu dengan rekan-rekan pemimpin G7 untuk mengoordinasikan tanggapan diplomatik yang bersatu terhadap serangan Iran yang kurang ajar.

"Tim saya akan terlibat dengan rekan-rekan mereka di seluruh kawasan. Dan kami akan tetap berhubungan dekat dengan para pemimpin Israel. Dan meskipun kami belum melihat serangan terhadap pasukan atau fasilitas kami saat ini, kami akan tetap waspada terhadap semua ancaman dan tidak akan ragu untuk mengambil tindakan. semua tindakan yang diperlukan untuk melindungi rakyat kita,” kata Biden.

2. Jerman

Kanselir Jerman Olaf Scholz pada hari Minggu mengutuk serangan udara Iran terhadap Israel “sekeras-kerasnya,” kata seorang juru bicara selama kunjungan Scholz ke Tiongkok. “Dengan serangan yang tidak bertanggung jawab dan tidak dapat dibenarkan ini, Iran mempertaruhkan kebakaran regional,” kata juru bicara pemerintah Steffen Hebestreit setelah kedatangan Scholz di kota Chongqing, Tiongkok.

“Jerman sangat mendukung Israel,” kata Hebestreit. “Kami sekarang akan membahas reaksi lebih lanjut secara dekat dengan mitra dan sekutu G7 kami.”

Iran meluncurkan segerombolan drone yang bisa meledak dan menembakkan rudal ke Israel pada Sabtu malam, yang merupakan serangan langsung pertamanya terhadap wilayah Israel, sehingga berisiko menimbulkan eskalasi besar.

Iran telah bersumpah akan membalas serangan Israel terhadap konsulatnya di Damaskus pada 1 April yang menewaskan tujuh petugas Garda Revolusi termasuk dua komandan senior. Israel tidak membenarkan atau membantah bertanggung jawab atas serangan konsulat tersebut.

BACA JUGA: Iran Serang Israel, Begini Nasib WNI Menurut Kemenlu RI

3. Prancis

Menteri Luar Negeri Prancis Stephane Sejourne mengutuk serangan pesawat tak berawak Iran terhadap Israel sebagai “tingkat baru” dalam ancaman terhadap keamanan. “Prancis mengutuk dengan sangat tegas serangan yang dilancarkan Iran terhadap Israel,” katanya di platform X.

“Dalam memutuskan untuk mengambil tindakan yang belum pernah terjadi sebelumnya ini, Iran telah mencapai tingkat destabilisasi baru dan mempertaruhkan peningkatan militer,” tambahnya, mengulangi komitmen Perancis terhadap keamanan Israel.

4. Kanada

Kanada "dengan tegas mengutuk" serangan Iran terhadap Israel, kata Perdana Menteri Justin Trudeau pada Sabtu malam ketika ketegangan meningkat antara kedua negara dan mendorong Timur Tengah semakin dekat ke perang di kawasan itu.

Pernyataan Trudeau muncul setelah media pemerintah Iran mengumumkan bahwa Teheran telah menembakkan rudal balistik ke sasaran-sasaran di Israel pada hari Sabtu dalam serangan militer langsung pertama Iran terhadap negara tersebut.

“Serangan-serangan ini sekali lagi menunjukkan ketidakpedulian rezim Iran terhadap perdamaian dan stabilitas di kawasan. Kami mendukung hak Israel untuk membela diri dan rakyatnya dari serangan-serangan ini,” kata Trudeau pada jamuan makan malam di galeri pers Parlemen.

Dia mengatakan dia mendapat informasi terkini secara berkala dari penasihat keamanan dan intelijen nasional, kepala staf pertahanan, dan kepala Dewan Penasihat. Israel juga melaporkan bahwa Iran telah menembakkan lebih dari 100 drone pembawa bom ke arahnya.

5. Inggris

Rishi Sunak mengutuk “dengan kerasnya” “serangan sembrono” Iran terhadap Israel setelah Teheran mengatakan pihaknya telah meluncurkan puluhan drone yang mengancam akan menjadi eskalasi regional yang besar.

Perdana Menteri mengatakan Inggris akan “terus membela keamanan Israel dan semua mitra regional kami” karena laporan di Israel menunjukkan bahwa pesawat tempur RAF dan AS telah menembak jatuh beberapa pesawat tanpa awak yang menuju Israel di wilayah perbatasan Irak-Suriah.

Para pejabat di Yerusalem mengatakan drone tersebut, yang menurut sumber keamanan Irak terlihat terbang di atas negara tersebut, akan membutuhkan waktu berjam-jam untuk mencapai sasarannya.

Hal ini membawa kedua musuh bebuyutan tersebut ke ambang konflik habis-habisan ketika ketegangan yang sudah berlangsung selama satu dekade di Timur Tengah terus berkobar akibat perang di Gaza, dan Amerika Serikat berjanji untuk mendukung Israel.

Iran telah mengancam akan melakukan serangan sejak serangan udara, yang dituduh dilakukan oleh Israel, pekan lalu menewaskan dua jenderal Iran di Suriah. Pemerintahan Benjamin Netanyahu belum mengomentari serangan itu.

Menurut laporan, Topan RAF dari Akrotiri, Siprus, telah dikerahkan untuk membantu melindungi Israel. Dalam sebuah pernyataan pada Sabtu malam, Sunak berkata: “Saya mengutuk keras serangan sembrono rezim Iran terhadap Israel.

“Serangan ini berisiko mengobarkan ketegangan dan mengganggu stabilitas kawasan. Iran sekali lagi menunjukkan niatnya untuk menabur kekacauan di wilayahnya sendiri. Inggris akan terus membela keamanan Israel dan semua mitra regional kami, termasuk Yordania dan Irak," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pilkada Bantul, Pencalonan Masih Cair, Ini Sederet Nama yang Mencuat

Bantul
| Minggu, 19 Mei 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement