Advertisement

Libur Lebaran 2024, Potensi Bencana Dipantau Ketat Kementerian ESDM

Newswire
Rabu, 03 April 2024 - 22:37 WIB
Maya Herawati
Libur Lebaran 2024, Potensi Bencana Dipantau Ketat Kementerian ESDM Ilustrasi dampak gempa bumi - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memantau potensi bencana geologi seperti gempa bumi, gunung meletus, dan gerakan tanah selama libur Lebaran 2024.

Kepala Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas Erika Retnowati mengatakan bahwa pihaknya melalui Posko Nasional Ramadhan dan Idul Fitri 2024 telah membentuk tim tanggap darurat bencana geologi untuk memantau berbagai hal termasuk aktivitas gunung api.

Advertisement

“Telah dibentuk tim tanggap darurat bencana geologi yang akan merespons dengan cepat setiap bencana yang terjadi dan siaga 24 jam, meningkatkan pemantauan gunung api secara cermat di beberapa gunung api aktif,” kata dia, Rabu (3/4/2024).

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi, Hendra Gunawan mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan beberapa upaya antisipasi bencana geologi selama libur Lebaran 2024.

Pertama, melakukan pemantauan terhadap gunung aktif di Indonesia. Ia menyebut terdapat 5 gunung api dalam level siaga, 17 gunung api pada level waspada, dan 46 gunung api level normal. Aktivitas gunung api ini juga dapat dipantau oleh publik di situs magma.esdm.go.id

Kedua, memberikan peta sebaran titik rawan gerakan tanah pada jalur jalan di Pulau Jawa, Pulau Sumatra, dan Sulawesi kepada pemerintah daerah dan Polda di wilayah terkait.

BACA JUGA: Gunung Merapi Kembali Mengeluarkan Awan Panas, Kabupaten Magelang Sempat Hujan Abu

Ketiga, membuat peta prakiraan wilayah potensi terjadi gerakan tanah, dan membuat laporan dan rekomendasi teknis penanggulangan bencana geologi seperti letusan gunung api, gempa bumi, tsunami dan gerakan tanah.

Kementerian ESDM membentuk Posko Nasional ESDM Hari Raya Idul Fitri 2024 bekerja sama dengan sejumlah pemangku kebijakan lain, seperti Korps Lalu Lintas Polri, BMKG, Jasa Marga, dan Pertamina untuk memastikan kelancaran arus mudik Lebaran.

Di sektor energi, BPH Migas, Pertamina, dan badan usaha lain menyiagakan 115 terminal BBM, lebih dari 7400 SPBU, dan 71 DPPU selama periode libur Lebaran 2024.

BPH Migas menyatakan secara umum kondisi ketahanan stok BBM aman, baik gasolin, gas oil, kerosin, maupun avtur dengan ketahanan stok di atas 20 hari.

Di sektor ketenagalistrikan, BPH Migas juga memastikan kondisi pasokan tenaga listrik pada sistem kelistrikan Jawa-Bali, Sumatra, Kalimantan, dan sebagian besar Indonesia timur pada periode libur Lebaran 2024 dalam kondisi aman.

Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan dan PT PLN menyatakan akan meningkatkan kesiagaan semua unit kerja untuk menjaga keandalan dan kualitas pasokan listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Syawalan ke Ponpes dan Panti Asuhan, Pj. Bupati Kulonprogo Salurkan Bantuan

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement