Advertisement

Reaktor Nuklir Korsel Terhubung ke Jaringan Listrik Uni Emirat Arab

Newswire
Minggu, 24 Maret 2024 - 21:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Reaktor Nuklir Korsel Terhubung ke Jaringan Listrik Uni Emirat Arab Ilustrasi pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN). (Freepik)

Advertisement

Harianjogja.com, SEOUL—Korea Electric Power Corp. (KEPCO) mengatakan reaktor nuklir unit keempat buatan Korea Selatan di Barakah, Uni Emirat Arab (UEA) telah berhasil terhubung.

Perusahaan utilitas milik negara Korea Selatan itu menjelaskan pembangkit listrik Unit 4 mulai beroperasi awal Maret ini dan menyalurkan megawatt listrik bebas karbon pertama pada Sabtu (23/3/2024).

Advertisement

“Kami telah mengambil langkah lebih dekat dengan keberhasilan penyelesaian proyek reaktor UEA. Kami akan terus melakukan yang terbaik untuk memastikan keberhasilannya,” kata Ketua KEPCO Kim Dong-cheol, Minggu (24/3/2024).

Operasi komersial pembangkit listrik Unit 4 diperkirakan akan dimulai tahun ini setelah pengujian lebih lanjut dan Unit 4 akan menambah 1.400 megawatt listrik tanpa emisi karbon ke jaringan listrik Uni Emirat Arab.

Baca Juga

Militer Korea Selatan Mendeteksi Penembakan Rudal Balistik oleh Korea Utara

Bersama Korsel, Indonesia Bersiap Kembangkan Pembangkit Nuklir

Tak Berminat Damai, Kim Jong-un Ancam Musnahkan Korea Selatan

Unit 4 merupakan salah satu dari empat reaktor nuklir yang dibangun di Barakah yang terletak sejauh 270 kilometer sebelah barat Abu Dhabi, berdasarkan kontrak senilai US$20 miliar (Rp316 triliun) yang dimenangkan oleh konsorsium yang dipimpin KEPCO pada tahun 2009.

Proyek tersebut menandai ekspor pertama pembangkit listrik tenaga nuklir komersial buatan dalam negeri Korea Selatan

KEPCO mencatat ketika keempat unit tersebut beroperasi secara komersial, pembangkit listrik Barakah akan memproduksi hingga 25 persen kebutuhan listrik UEA dan diharapkan dapat membantu menjamin keberlanjutan energi UEA dan mencapai tujuan emisi net-zero.

“Korea Selatan akan terus memperluas kerja sama di bidang energi dengan UEA dan secara aktif berupaya memenangkan lebih banyak proyek pembangkit listrik tenaga nuklir dari luar negeri,” ucap Kim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Jogja Kembali dan Jam Buka

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement