Advertisement

Angkat Tema Energi Ramah Lingkungan, Karya Foto Cerita Jurnalis Jawa Tengah Diganjar Penghargaan Dirut PLN

Media Digital
Sabtu, 23 Maret 2024 - 13:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Angkat Tema Energi Ramah Lingkungan, Karya Foto Cerita Jurnalis Jawa Tengah Diganjar Penghargaan Dirut PLN Penghargaan PLN Journalist Awards secara langsung diserahkan oleh Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo kepada para pemenang di PLN Kantor Pusat, Jakarta, Rabu (20/3 - 2024).

Advertisement

SEMARANG– PT PLN (Persero) menyerahkan penghargaan bagi pemenang PLN Journalist Awards 2023 bertema Energi Ramah Lingkungan Membangun Keberlanjutan dan Tingkatkan Kesejahteraan. Sebanyak 18 karya jurnalistrik terbaik terpilih dari total 1.120 karya yang ikut serta dalam ajang tersebut.

Satu jurnalis Jawa Tengah, Dhana Kencana dari IDN Times berhasil menyabet juara ketiga kategori Karya Foto Cerita. Dhana yang tampil dengan mengusung judul Elektrifikasi PLN untuk Pertanian Strawberry Lereng Merbabu mengungkapkan terima kasih untuk PLN atas penghargaan yang diperolehnya.

Advertisement

Menurut Dhana dalam karyanya, elektrifikasi untuk pertanian pada sistem pengairan kebun strawberry ini membantu para petani menjadi mandiri dan biaya operasional lebih hemat dibandingkan menggunakan mesin pompa diesel.

"Terima kasih PLN atas apresiasi dan penghargaannya. Harapan kami PLN akan terus memberikan apresiasi pada jurnalis," tutur Dhana.

Penghargaan PLN Journalist Awards secara langsung diserahkan oleh Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo kepada para pemenang di PLN Kantor Pusat, Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, apresiasi ini merupakan bukti kekompakan, kebersamaan, dan semangat yang sama antara PLN dan insan jurnalis di seluruh Indonesia dalam memberikan informasi publik yang berkualitas.

Menurutnya, selama ini jurnalis telah banyak membantu perseroan dalam memberikan edukasi dan menyampaikan informasi upaya heroik PLN dalam menghadirkan energi bersih bagi masyarakat. 

BACA JUGA: Legalisasi Ganja Ditolak MK, Ini Komentar BNN

Dengan dukungan para jurnalis, sepanjang tahun 2023 PLN mampu menghasilkan lebih dari 174 ribu pemberitaan yang dimuat lebih dari 4,5 ribu media. Selain itu, PLN meraih 12 penghargaan dan dinobatkan menjadi _Best of the Best Communications_ dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir pada ajang BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2024. 

“Itu bukan hanya prestasi PLN, tetapi itu adalah prestasi dari rekan-rekan jurnalis yang sudah _mengcover_ PLN secara positif. Tentu saja ini adalah tinta emas pejuang jurnalis yang sudah berjuang," ucap Darmawan.

Dirinya menambahkan, dalam tiga tahun terakhir, pihaknya melakukan transformasi proses bisnis, termasuk dalam sektor komunikasi. Menurutnya sektor komunikasi korporat sangat penting untuk menjembatani informasi perusahaan kepada publik. 

"Dahulu, PLN kalau menyampaikan informasi ke media itu tidak terstruktur, terlalu teknis sehingga membuat rekan-rekan jurnalis kebingungan, selain itu juga kurang responsif. Kemudian saya minta ke tim lakukan transformasi. Sekarang, tim komunikasi PLN jauh lebih responsif, narasinya pun akurat dan efektif. Hubungan dengan jurnalis juga makin erat,” tutur Darmawan.

Turut hadir mendampingi finalis dalam acara tersebut, M. Soffin Hadi, General Manager PLN UID Jawa Tengah dan DIY yang menyampaikan selamat kepada Dhana Kencana serta seluruh pemenang dan partisipan PLN Journalist Award. Soffin menambahkan bahwa PLN bangga dapat bekerja sama dengan insan jurnalis yang membantu PLN dalam menyampaikan pesan-pesan penting kepada masyarakat dan berharap semoga kolaborasi ini terus berlanjut dan semakin menghasilkan karya-karya jurnalistik yang bermanfaat

"Selamat dan terima kasih atas sinergi dan kolaborasi yang telah berjalan secara apik antara PLN dengan rekan jurnalis. Prestasi ini merupakan bukti komitmen dan dedikasi mereka dalam menyampaikan informasi mengenai energi ramah lingkungan." ungkap Soffin.

PLN Journalist Awards merupakan lomba karya jurnalistik bagi insan pers yang digelar setiap tahun oleh PLN. Gelaran tahun 2023 merupakan penghargaan keempat kalinya sejak tahun 2020. Karya yang dilombakan merupakan karya jurnalistik yang telah dimuat sepanjang tahun 2023. Ajang ini dibagi ke dalam enam kategori karya yaitu Karya Tulis Hard News, Karya Tulis Feature, Karya Audio Visual Hard News, Karya Audio Visual Feature, Karya Foto Tunggal, dan Karya Foto Cerita.

Makin eratnya kolaborasi antara media dan PLN terbukti dari makin bertambahnya karya jurnalis yang mengikuti ajang ini. Pada tahun 2020, jumlah peserta hanya sekitar 406 karya, meningkat menjadi 1.120 karya pada 2023.

Sementara itu, PLN Journalist Award 2023, melibatkan dewan juri yang berkompeten di bidangnya, yaitu Pemimpin Redaksi Kumparan Arifin Asydhad, Pemimpin Redaksi Detik.com Alfito Deanova Ginting, Pemimpin Redaksi IDNTimes Uni Lubis, Pemimpin Redaksi Rakyat Merdeka Riky Handayani, Jurnalis Senior Budiman Tanuredjo, Pemimpin Redaksi Liputan 6 SCTV Retno Pinasti, Direktur Konten dan Pemimpin Redaksi Narasi TV Zen RS, Fotografer Senior Arbain Rambey, Fotografer Senior Oscar Motuloh, Fotografer Senior Adek Berry. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Info Stok Darah dan Jadwal Donor Darah di DIY Hari Ini, Sabtu 27 April 2024

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement