Advertisement

Rapim Polri, Polisi Siap Mengawal Agenda Nasional dan Internasional di 2024

Newswire
Jum'at, 01 Maret 2024 - 13:47 WIB
Maya Herawati
Rapim Polri, Polisi Siap Mengawal Agenda Nasional dan Internasional di 2024 Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kesiapan anggota kepolisian dalam mengawal agenda nasional maupun internasional yang akan berlangsung selama 2024 dibahas dalam rapat pimpinan (Rapim) 2024.

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menyebutkan, ada banyak agenda nasional dan internasional yang bakal digelar di Tanah Air, mulai dari menghadapi mudik Lebaran, tahap akhir penghitungan suara pemilihan presiden, dan agenda internasional di Bali yang akan dihadiri 43 negara peserta.

Advertisement

“Polri telah menindaklanjuti beberapa direktif dari Bapak Presiden. Tentunya juga dihadapkan dengan kalender kamtibmas, kita sendiri di mana saat ini sedang memasuki tahapan pilpres,” kata Sigit, Jumat (1/3/2024).

Menurut Sigit, tugas personel Polri ke depan semakin padat, selain menjalankan tugas pokok sehari-hari yang mengawal kegiatan agenda nasional.

“Karena sebentar lagi kita akan masuk bulan Ramadhan di bulan Maret ini. Semua membutuhkan perhatian khusus karena akan terjadi pergerakan mudik yang sangat besar. Tentunya juga harus mampu kami amankan,” ujarnya.

Antisipasi yang dilakukan selama Ramadhan ini, kata dia, adalah menjaga keamanan di wilayah-wilayah yang ditinggal pemudiik di tengah situasi menghadapi pemilu. Setelah itu, lanjut dia, personel Polri bakal mengamankan kegiatan internasional di Bali yang dihadiri 43 negara. “Ini juga perlu perhatian khusus, memastikan pengamanan berjalan baik,” kata dia.

Tidak hanya itu, tugas yang menanti jajaran Polri, yakni pesta demokrasi pilkada serentak 2024 di semua daerah. Tercatat ada 37 provinsi, 415 kabupaten dan 93 kota. “Ini semua membutuhkan kesiapan dari Polri khususnya sebagai penanggungjawab kamtibmas,” katanya.

BACA JUGA: Pemilu 2024, Ambang Batas Parlemen 4% Tetap Konsitusional

Jenderal polisi bintang empat itu mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia menunjukkan tren positif. Di bandingkan dengan negara-negara lain yang mengalami resesi. “Capaian tersebut perlu dipertahankan. Ini tentunya modal yang harus dijaga bersama,” ujarnya.

Mantan Kabareskrim Polri itu juga mengingatkan seluruh lapisan masyarakat supaya tidak larut karena adanya perbedaan pilihan, hingga menyebabkan terjadi polarisasi. Kunci untuk mencegah hal itu, kata Sigit, yakni dengan persatuan dan kesatuan semua pihak terkait.

“Seluruh kementerian, lembaga dan utamanya kepolisian bisa menjaga stabilitas kamtibmas. Kita yakin bahwa hal ini bisa tercapai pada waktunya,” kata Sigit.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Syawalan ke Ponpes dan Panti Asuhan, Pj. Bupati Kulonprogo Salurkan Bantuan

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement