Advertisement

Setelah Diberlakukan Sistem Buka-Tutup, Arus Kendaraan di Kawasan Puncak Berangsur Normal

Newswire
Senin, 25 Desember 2023 - 22:07 WIB
Arief Junianto
Setelah Diberlakukan Sistem Buka-Tutup, Arus Kendaraan di Kawasan Puncak Berangsur Normal Kemacetan, macet. - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BOGOR—Satlantas Polres Bogor kembali menormalkan kedua arah Jalur Wisata Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, setelah memberlakukan buka tutup atau rekayasa lalu lintas sistem satu arah.

"Mulai pukul 20.43 WIB Jalur Wisata Puncak diberlakukan normal kedua arah," kata Kasatlantas Polres Bogor, AKP Rizky Guntama di Pospol Gadog Ciawi, Bogor, Senin (25/12/2023).

Advertisement

Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah ke Jakarta sejak pukul 12.30 WIB untuk mengurai kepadatan volume kendaraan di jalur penghubung Kabupaten Bogor-Kabupaten Cianjur itu selama libur panjang perayaan Natal.

Rizky Guntama mengungkapkan dibanding Minggu (24/12/2023), jumlah kendaraan di Jalur Puncak saat perayaan Natal mengalami peningkatan.

Sementara itu, Kapolres Bogor, AKBP Rio Wahyu Anggoro mengungkapkan ada lebih dari 110 ribu kendaraan masuk ke Kawasan Wisata Puncak selama libur panjang perayaan Natal sejak 23-25 Desember 2023. "Hari ini sampai pukul 15.00 WIB yang sudah turun [arah Jakarta] adalah 20.000 sekian kendaraan," ungkap Rio.

Meski jalur penghubung Kabupaten Bogor-Kabupaten Cianjur itu dipadati kendaraan, tapi dia memastikan situasi terkendali karena pihaknya memberlakukan sejumlah rekayasa lalu lintas mulai dari sistem satu arah baik arah Puncak maupun Jakarta, hingga sistem ganjil genap kendaraan.

Polres Bogor melibatkan 875 personel untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru, terutama di Kawasan Puncak. Pelibatan ratusan personel Kepolisian itu untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas di beberapa titik rawan terjadi kemacetan.

BACA JUGA: KAI Prediksi Puncak Arus Balik Libur Natal 26 Desember 2023

Rio mengungkapkan bahwa selain mengandalkan personel Satuan Lalu Lintas, pihaknya juga berkolaborasi dengan lintas instansi seperti TNI, Pemerintah Kabupaten Bogor, hingga organisasi masyarakat dan kepemudaan.

Pengamanan perayaan Natal dan tahun baru di Kabupaten Bogor juga didukung dengan pendirian pos pengamanan untuk petugas yang berjaga. “Oleh sebab itu kami meminta dukungan seluruh masyarakat agar bisa bekerja sama kepada seluruh pemerintah daerah dan TNI Polri kita bisa sama-sama untuk menjaga kondisi perayaan Natal dan tahun baru ini dengan baik,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalur Perseorangan di Pilkada Sleman 2024 Sepi Peminat

Sleman
| Kamis, 02 Mei 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement