Advertisement

Kawasan Hutan di Gunung Merbabu Terbakar

Newswire
Sabtu, 28 Oktober 2023 - 10:17 WIB
Maya Herawati
Kawasan Hutan di Gunung Merbabu Terbakar Personel Polsek Getasan membantu pemadaman kebakaran yang melanda kawasan hutan Taman Nasional Gunung Merbabu di Kabupaten Semarang, Jumat (28/10/2023). - Antara - HO/Polres Semarang

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG—Kebakaran melanda kawasan hutan di Taman Nasional Gunung Merbabu, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Petugas gabungan kepolisian, TNI, serta sukarelawan melakukan pemadaman kebakaran pada Jumat (28/10/2023).

Kapolsek Getasan Iptu Ari Parwanto mengatakan kepolisian memperoleh laporan tentang kemunculan titik api pada pagi hari. "Laporan dari sukarelawan taman nasional tentang kebakaran hutan di wilayah Dusun Sokowolu," katanya.

Advertisement

Petugas gabungan bersama warga sekitar melakukan penyisiran sekitar 5 km menuju titik api dengan menggunakan peralatan seadanya Hingga sore hari, kata dia, sebagian besar wilayah yang dilanda kebakaran telah dipadamkan.

BACA JUGA: JJLS Tersambung, Melon Diarahkan Menjadi Produk Pertanian Unggulan Kulonprogo

Ia menuturkan petugas gabungan masih tetap disiagakan di sekitar Dusun Gedong maupun Sokowolu. Ari mengatakan kawasan yang dilanda kebakaran merupakan area hutan Pinus. "Bukan hutan produktif dan jauh dari permukiman," katanya.

Kapolsek belum bisa memastikan luasan kawasan hutan yang terbakar. Adapun penyebab kebakaran, lanjut dia, diduga akibat gesekan ranting pohon dengan cuaca yang panas dan disertai angin kencang hingga memicu api cepat membesar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tingkatkan Perlindungan Sosial Ketenagakerjaan, 40 BUMKal di DIY Jadi Perisai

Jogja
| Jum'at, 17 Mei 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement