Advertisement

Unik, Kereta Berkecepatan Tinggi di Negara Ini Punya Jalur Melintasi Lautan

Lajeng Padmaratri
Rabu, 18 Oktober 2023 - 15:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Unik, Kereta Berkecepatan Tinggi di Negara Ini Punya Jalur Melintasi Lautan Kereta cepat di China punya jalur melintasi lautan sepanjang 20 km. - CGTN

Advertisement

Harianjogja.com, BEIJING—China terus berinovasi dalam bidang kereta api. Bahkan, mereka punya kereta cepat yang melintasi lautan.

Melansir CNN, baru-baru ini China meluncurkan jalur kereta berkecepatan tinggi sepanjang 277 kilometer di sepanjang pantai tenggara, yang menghubungkan Kota Zhangzhou, Xiamen dan Fuzhou, ketiganya berada di provinsi Fujian.

Advertisement

BBACA JUGA: Unik! Kereta Api Ini Gunakan Bahan Bakar Sisa Kuah Ramen

Operator kereta api negara setempat, China Railway, merilis bahwa kecepatan maksimum kereta di sepanjang rute ini adalah 350 kilometer (217 mil) per jam.

Kereta pertama di jalur ini memulai debutnya pada hari Kamis, 28 September 2022 lalu, berangkat dari Fuzhou, ibu kota provinsi, pada pukul 09:15.

Kereta api baru itu memiliki 84 jembatan dan 29 terowongan. Uniknya, kereta itu punya jalur laut sepanjang 20 km. Hal ini menjadikannya kereta cepat yang melintas di atas air pertama di China.

China Railway mengatakan bahwa mereka menggunakan robot cerdas dan baja tahan korosi yang ramah lingkungan untuk membangun bagian rel di atas air.

BACA JUGA: Perbedaan Stasiun Tugu dan Lempuyangan, Mana Lebih Dahulu Dibangun?

Jalur baru ini hanyalah salah satu dari banyak proyek infrastruktur yang digembar-gemborkan oleh pemerintah China pada tahun 2016, ketika inisiatif kereta api “Delapan Horisontal dan Delapan Vertikal” diumumkan.

Outlet media yang dikelola pemerintah, Xinhua, mencatat bahwa transportasi darat di Provinsi Fujian merupakan tantangan tersendiri karena daerahnya yang bergunung-gunung.

Provinsi Fujian juga penting karena menjadi bagian terdekat dari daratan China, dengan pulau Taiwan yang mempunyai pemerintahan sendiri. Xiamen hanya berjarak 10 km melintasi Selat Taiwan dari Kinmen, wilayah paling barat Taiwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : CNN

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Info Stok dan Jadwal Donor Darah di DIY Hari Ini 4 Mei 2024

Jogja
| Sabtu, 04 Mei 2024, 10:07 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement