Advertisement

Pemkot Magelang Canangkan Terminal Tidar Bebas Sampah

Nina Atmasari
Jum'at, 15 September 2023 - 23:27 WIB
Arief Junianto
Pemkot Magelang Canangkan Terminal Tidar Bebas Sampah Ilustrasi Terminal Tidar. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KOTA MAGELANG—Terminal Tidar Tipe A Kota Magelang dicanangkan sebagai terminal bebas sampah. Pencanangan ditandai dengan pemukulan gong oleh Wali Kota Magelang, Muchamad Nur Aziz dan penyerahan seperangkat alat kebersihan di terminal setempat, Jumat (15/9/2023).  

"Dengan pencanangan ini harapannya Terminal Tidar jadi terminal terbersih se-Indonesia," kata Aziz, Jumat.

Advertisement

Pada pencanangan itu, tampak hadir Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang, Dandim 0705/Magelang Letkol Inf Jarot Susanto, dan sejumlah Kepala OPD terkait.

Dirinya menyambut baik ide pembangunan Terminal Tidar Tipe A yang memiliki fasilitas seperti bandara. Hal ini akan menambah kenyamanan sekaligus daya tarik masyarakat dari luar daerah untuk berkunjung ke Kota Magelang.

Aziz pun meminta agar para penghuni terminal juga harus ramah. "Ide terminal bus dibangun seperti bandara itu bagus. Nanti bisa juga ada hotelnya. Kota Magelang ibaratnya telur ceplok, kita tengahnya yang paling enak, banyak protein dan lemaknya. Orang dari daerah sekitar banyak yang datang sehingga harus ada nuansa berbeda termasuk terminalnya," jelasnya.

BACA JUGA: Rute Lengkap Trans Jogja yang Melewati Kampus hingga Rumah Sakit

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Jawa Tengah, Yugo Antoro menyampaikan, keberadaan terminal menjadi cerminan Kota Magelang. Terminal Tidar Tipe A ini diharapkan menjadi pemacu ekonomi bagi KSPN Borobudur dan sebagainya. "Fungsi terminal saat ini tidak hanya untuk perpindahan penumpang, tetapi juga pertumbuhan UMKM. Maka harapan besar masyarakat bisa menjaganya dan mencari nafkah di terminal ini. Aturan-aturannya juga hrs ditaati," terang Yugo.

Dia berharap pencanangan Terminal Bebas Sampah ini tidak sesaat, tetapi selamanya sebagai rumah bersama yang nyaman.

Kepala Terminal Tidar Tipe A Kota Magelang, Aris Mujiono menambahkan, pelayanan yang baik salah satunya terkait kebersihan. Semua bertanggung jawab atas kebersihan di lingkungan terminal. Aris berharap tidak selesai sampai pencanangan saja tetapi seterusnya. "Pencanangan Terminal Tidar Tipe A Bebas Sampah sekaligus dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional pada 17 September 2023," imbuh Aris.

Sebelumnya, rangkaian kegiatan diawali dengan kerja bakti massal di lingkungan terminal, dan aksi donor darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Nobar Indonesia U-23 vs Uzbekistan U-23 di Lapangan Denggung, Ini Lokasi Parkirnya

Sleman
| Senin, 29 April 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement