Advertisement

Belasan Orang Lolos Sertifikasi MUA BNSP, Ujian Digelar di Jogja

Sunartono
Senin, 28 Agustus 2023 - 22:27 WIB
Sunartono
Belasan Orang Lolos Sertifikasi MUA BNSP, Ujian Digelar di Jogja Sebanyak 13 orang mengikuti uji kompetensi sertifikasi make up artist (MUA). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 13 orang mengikuti uji kompetensi sertifikasi make up artist (MUA) di Atrium Pakuwon Mall. Melalui sertifikasi itu para MUA bisa menjalankan tugasnya secara profesional. Sertifikasi ini merupakan perintah langsung dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Setelah melalui sejumlah tahapan, para peserta dinyatakan mampu dan kompeten secara profesional untuk mengembangkan  keterampilan di bidang MUA.  Sertifikat MUA BNSP Republik Indonesia berlaku lima tahun. BNSP merupakan badan independen yang bertanggung jawab kepada Presiden, memiliki kewenangan sebagai otoritas sertifikasi personel dan bertugas melaksanakansrtifikasi kompetensi profesi bagi tenaga kerja.

Advertisement

BACA JUGA : Puluhan Siswa SMK Dirgantara Putra Bangsa Jogja Ikut Bersiap Jadi Pemandu Wisata

Asesor Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) BNSP Susyani mengatakan dari hasil penilaiannya selaku penguji, para peserta dapat melalui tahapan dengan baik. Mereka mampu menampilkan kreasi karya  masing-masing secara maksimal sekaligus mengerjakan soal ujian.  

Uji komptensi meliputi ujian praktek make up wajah, ujian tertulis dan wawancara. Dalam wawancara ia ingin mengetahui attitude atau sikap MUA tersebut dan kepribadiannya, mengingat profesi itu berkaitan eratnya menjalin komunikasi dengan orang lain.

“Mereka  sudah layak mendapatkan pengakuan melalui sertifikat negara. Jam terbang harus terus ditambah dengan karya,” ujar Susiani.  Menurut Susyani,” katanya Senin (28/8/2023).

Direktur Rumah Rias Jogja Itut Bambang menambahkan ujian diikuti oleh 13 peserta yang semuanya perempuan. Mereka datang dari berbagai daerah di indonesia, muali dari Jambi, Surabaya, Temanggung, Pekalongan, Jogja dan sekitarnya.  

Ia mengapresiasi atas kegigihan para siswanya telah mengikuti pendidikan sejak Februari 2023. “Dengan sertifikat dari negara yang sudah diperoleh ini, harapannya mereka mamu mengembangkan diri secara profesional di daerah masing-masing,” ujarnya.

BACA JUGA : Pemandu Wisata Kompeten Dukung Pariwisata Berkelanjutan

Para peserta ujian menampilkan berbagai tema riasan. Mulai dari Bali Kemben, Kebaya Jogja, Kalimantan, Lampung, Madura, Aceh dan Mandailing. Fokus penilaian adalah pada make up wajah.  Saat mengikuti ujian, mereka menggunakan model yang harus di make up

“Saya merasa bangga bisa mencapai tahapan uji kompetensi setelah mengikuti pendidikan make up artis secara penuh di Rumah Rias Itut Bambang selama empat bulan. Dengan sertifikat ini saya akan mengembangkan diri mempraktikkan kemampuan sebagai MUA secara profesional,” kata salah satu peserta, Yosi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Meninggal, Kemendikbudristek: Penyair Legendaris Tuai Beragam Penghargaan

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement