Advertisement

Rusia Berambisi Tinggal di Bulan melalui Peluncurkan Luna-25

Rendi Mahendra
Sabtu, 12 Agustus 2023 - 10:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Rusia Berambisi Tinggal di Bulan melalui Peluncurkan Luna-25 Pendorong roket Soyuz-2.1b dengan tingkat atas Fregat dan pesawat luar angkasa pendaratan bulan Luna-25 meluncur dari landasan peluncuran di Kosmodrom Vostochny di wilayah timur jauh Amur, Rusia, gambar dari video yang diambil pada 11 Agustus 2023. Roscosmos - Handout via REUTERS

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Badan antariksa negara Rusia Roscosmos belum lama ini meluncurkan ekspedisi bulan pertamanya dalam 50 tahun pada Jumat 11 Agustus. Peluncuran Luna-25 ini berambisi menjajaki kemungkinan bisa tinggal lama di bulan.

"Rusia tidak hanya kembali ke Bulan, tetapi mengambil langkah untuk tinggal di sana dalam waktu yang lama," tulis Roscosmos dalam pernyataan bersama dengan kantor berita negara Rusia TASS.

Advertisement

Misi Luna-25 tak berawak bertujuan ke bulan bagian kutub selatan, yang diyakini para ilmuwan dapat berisi air, meningkatkan kemungkinan koloni manusia di bulan di masa depan.

Namun menurut para analis, menganggap tujuan Rusia meluncurkan Luna-25 lebih politis daripada ilmiah.

Baca juga: Bayi Tertukar di Bogor, Ketahuan Setelah 1 Tahun, Kok Bisa? Berikut Kronologinya

"Luna-25 saat ini memainkan peran psikologis dan propaganda bagi Kremlin. Perlu untuk menunjukkan bahwa ia mampu melakukan sesuatu bahkan tanpa barat," kata Pavel Luzin, pakar industri kedirgantaraan Rusia, kepada Guardian.

Sanksi internasional setelah invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina telah merugikan program luar angkasa Moskow. Luna-25 menawarkan kesempatan untuk merebut kembali kejayaan yang hilang saat isolasi Rusia semakin dalam.

Waktu peluncuran juga menunjukkan harapan Rusia untuk membuktikan dirinya dalam perlombaan kompetitif.

Pada bulan Juli, India meluncurkan Chandrayaan-3, misi lain ke kutub selatan bulan yang sebelumnya belum dijelajahi.

Sementara  peluncuran kedua dijadwalkan pada akhir Agustus, Roscosmos mengatakan bahwa "jika berhasil", Luna-25 akan menjadikan Rusia negara "pertama" yang mendarat di bulan bagian kutub selatan. "Ada cukup ruang untuk semua orang di bulan," kata Roscosmos dalam pernyataan yang dipublikasikan Reuters.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

KASUS PENGGELAPAN: Nasabah PT Adira Dinamika Multifinance Jogja Divonis 2,5 Tahun

Jogja
| Senin, 29 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement