Advertisement

Data Kependudukan Bocor dan Dijual di Situs Dark Web, Ini Penjelasan Dirjen Dukcapil

Crysania Suhartanto
Senin, 17 Juli 2023 - 03:57 WIB
Sunartono
Data Kependudukan Bocor dan Dijual di Situs Dark Web, Ini Penjelasan Dirjen Dukcapil Cara Membuat KTP Digital - Kemendagri

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Dirjen Dukcapil Kemendagri Teguh Setyabudi menyatakan data penduduk dari Dukcapil yang tersebar di forum peretasan tidak sesuai dengan database yang mereka miliki. 

“Untuk sementara, yang bisa kami informasikan bahwa data yang ada di breach forums dilihat dari format elemen datanya, tidak sama dengan yang terdapat di database kependudukan existing Ditjen Dukcapil saat ini,” ujar Teguh pada Bisnis pada Minggu (16/7/2023). 

Advertisement

Kendati demikian, Ditjen Dukcapil Kemendagri bersama-sama dengan BSSN, Kemenkominfo, dan stakeholder terkait tetap melakukan audit investigasi dan mitigasi preventif. Adapun, tindakan tersebut sudah dilaksanakan sejak kemarin dan masih berlangsung hingga hari ini. 

BACA JUGA : Pencurian Data Nasabah, Ini Modus yang Kini Berkembang

Viral adanya sekitar 337,2 juta Data dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dukcapil Kemendagri) yang dijual di situs Dark Web. 

Dugaan kebocoran data tersebut pun pertama kali dicuitkan oleh akun Twitter @DailyDarkWeb, Sabtu (15/7/2023). “Rumornya, data dari Ditjen Dukcapil Kemendagri (dukcapil.kemendagri.go.id) sedang dijual,” ujar akun Twitter @DailyDarkWeb. 

BACA JUGA : Sleman Jadi Daerah dengan Angka Kriminalitas Tertinggi 

Dalam informasi tersebut, data yang diunggah oleh akun GOD User di Dark Web merupakan data kependudukan lengkap. Data tersebut berupa NIK, nama lengkap masyarakat, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, agama, alamat, status perkawinan, nama orangtua, hingga tanggal ganti KTP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Minggu 28 April 2024, Harga Tiket Rp20 Ribu

Jogja
| Minggu, 28 April 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement