Advertisement

Jokowi Resmi Lantik 12 Dubes, Ada 2 Nama Wartawan Senior

Akbar Evandio
Senin, 26 Juni 2023 - 15:57 WIB
Arief Junianto
Jokowi Resmi Lantik 12 Dubes, Ada 2 Nama Wartawan Senior Presiden Joko Widodo saat melantikan 12 Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBPP) Republik Indonesia di Istana Negara, Senin (26/6/2023). - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik para Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBPP) Republik Indonesia di Istana Negara, Senin (26/6/2023).

Kepala Negara melantik 12 Dubes LBPP berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia No 51P dan 55P/2023 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan berkuasa penuh Republik Indonesia.

Advertisement

Dari daftar nama yang dilantik Jokowi hari ini, ada dua nama wartawan senior yakni Michael Trias Kuncahyono yang pernah menjabat sebagai Wakil Pemimpin Redaksi di Kompas dan Meidyatama Suryodiningrat yang juga merupakan wartawan senior yang pernah menjabat sebagai pemimpin redaksi di The Jakarta Post dan Direktur Utama Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara.

BACA JUGA: Duta Besar Qatar untuk Indonesia H.E. Fawziya Edrees Salman Al-Sulaiti menemui Gubernur Jawa Tengah

Selain itu, terdapat nama juru bicara Kementerian Luar Negeri yakni Teuku Faizasyah yang juga merupakan seorang diplomat senior sejak masa era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Berikut 12 Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Duber LBPP) yang dilantik hari ini, Senin (26/6/2023): 

1. Teuku Faizasyah, sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Kerajaan Norwegia merangkap Islandia, berkedudukan di Oslo.

2. Michael Trias Kuncahyono, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Takhta Suci, berkedudukan di Vatikan.

3. Achmad Rizal Purnama, sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Republik Turkiye, berkedudukan di Ankara.

4. Arief, sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Ukraina merangkap Republik Armenia dan Georgia, berkedudukan di Kyiv.

5. Achmad Ubaedillah, sebagai  Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Brunei Darussalam, berkedudukan di Bandar Seri Begawan.

6. Santo Darmosumarto, sebagai  Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Kerajaan Kamboja, berkedudukan di Phnom Penh.

7. Grata Endah Werdaningtyas, sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Republik Demokratik Rakyat Laos, berkedudukan di Vientiane.

8. I Gede Ngurah Swajaya, sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Konfederasi Swiss merangkap Kepangeranan Liechtenstein, berkedudukan di Bern.

9. Dupito Dorma Simamora, sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Republik Fiji merangkap Republik Kiribati, Republik Nauru dan Tuvalu, berkedudukan di Suva;

10. Meidyatama Suryodiningrat, sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Rumania merangkap Republik Moldova, berkedudukan di Bucharest.

11. Ricky Suhendar, sebagai  Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Republik Peru, merangkap Negara Plurinasional Bolivia, berkedudukan di Lima.

12. Saud Purwanto Krisnawan, sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Republik Afrika Selatan merangkap Republik Botswana, Kerajaan Lesotho, Kerajaan Eswatini, dan Southern African Development Community (SADC), berkedudukan di Pretoria.

Sumber: Bisnis.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

6 Kalurahan di Pesisir Selatan Kulonprogo Dipasang EWS Tsunami

Kulonprogo
| Minggu, 05 Mei 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement