Advertisement

Bukan Merah, Gibran Pilih Hitam untuk Warna Kendaraan Dinas Lurah

Newswire
Selasa, 13 Juni 2023 - 11:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Bukan Merah, Gibran Pilih Hitam untuk Warna Kendaraan Dinas Lurah Gibran Rakabuming Raka / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memilih warna hitam sebagai warna sepeda motor listrik yang menjadi kendaraan dinas para lurah/kepala desa.

Warna itu berbeda dengan warna sepeda motor yang diberikan Pemkab untuk lurah/kepala desa di wilayah sekitar Solo yakni warna merah.

Advertisement

Menanggapi hal itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming menyatakan alasan tidak memilih warna merah untuk kendaraan dinas lurah/kepala desa.

“Kenapa merah? Ya saya hitam saja,” kata dia ditemui wartawan di Loji Gandrung, Solo, Senin (12/6/2023), seperti dikutip dari Solopos.com-jaringan Harianjogja.com.

Menurut Gibran, warna hitam sesuai hatinya. Ia menjelaskan Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa telah menyerahkan sepeda motor listrik untuk lurah dan sekretaris kecamatan di Kota Solo pekan lalu.

Menurut dia, sepeda motor listrik lebih murah, lebih nyaman, dan lebih ramah lingkungan dibandingkan sepeda motor dengan bahan bakar fosil. Dia mengklaim sepeda motor buatan United Motor itu lebih terjangkau dari Yamaha Nmax.

Baca juga: Mendikbudristek Nadiem Makarim Beri Beasiswa Putri Ariani

Sebelumnya, Teguh membagikan kebijakan Pemkot Solo terkait pengadaan kendaraan dinas berupa sepeda motor listrik untuk lurah kepada Forum Wakil Kepala Daerah (Forwakada) di Loji Gandrung, Solo, Senin (12/6/2023) siang.

“Kemarin bapak ibu lurah kami kasih sepeda motor listrik. Kami mulai mencoba mengurangi emisi,” kata Teguh ketika memberikan sambutan.

Teguh mengatakan kebijakan pengadaan sepeda motor listrik untuk kendaraan dinas aparatur sipil negara (ASN) mungkin harus dipikirkan ulang bagi pemerintah kabupaten dengan kondisi geografi dan wilayah luas. Namun, bagi Pemkot, seperti Kota Tegal, Pekalongan, Salatiga, bisa segera diterapkan.

Sebagai informasi, Pemkot Solo telah menyerahkan sepeda motor listrik kepada lurah serta kecamatan se-Kota Solo di Gedung Sekretariat Bersama, Kecamatan Jebres, Solo, Rabu (7/6/2023). Pemkot Solo menjadi pionir di Soloraya memberikan sepeda motor listrik.

Selain 54 lurah, lima sekretaris kecamatan mendapatkan satu unit sepeda motor listrik buatan United Motor itu. Kebijakan itu diambil karena lurah telah bekerja sesuai harapan Gibran dan Teguh.

Selain itu ada Instruksi Presiden (Inpres) No.7/2022, Rabu (13/9/2022). Melalui Inpres tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, Presiden meminta semua pihak segera mempercepat penggunaan kendaraan bermotor listrik.

Catatan Solopos.com, Pemkab Wonogiri, Sragen, Sukoharjo, Klaten, dan Boyolali memberikan kendaraan dinas warna merah bagi lurah dan kepala desa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Gerindra Jaring Calon Wali Kota Jogja Lewat Komunikasi Intensif

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement