Advertisement

Putin Kerahkan Senjata Nuklir Taktis ke Belarusia Bulan Depan

Nancy Junita
Sabtu, 10 Juni 2023 - 06:27 WIB
Arief Junianto
Putin Kerahkan Senjata Nuklir Taktis ke Belarusia Bulan Depan Senjata nuklir. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden Rusia, Vladimir Putin menegaskan bahwa senjata nuklir taktis akan dikerahkan ke Belarusia pada Juli mendatang.

Rusia akan mulai mengerahkan senjata nuklir taktis di Belarus setelah fasilitas penyimpanan khusus disiapkan pada 7 Juli hingga 8 Juli, kata Putin pada Jumat (9/6/2023). Ini merupakan langkah pertama Moskow untuk hulu ledak di luar Rusia sejak jatuhnya Uni Soviet.

Advertisement

Putin mengumumkan pada bulan Maret bahwa dia telah setuju untuk menyebarkan senjata semacam itu di Belarusia, menunjuk pada penyebaran senjata nuklir taktis Amerika Serikat (AS) di sejumlah negara Eropa selama beberapa dekade.

"Semuanya berjalan sesuai rencana," kata Putin kepada Presiden Belarusia Alexander Lukashenko, membahas penyebaran nuklir yang direncanakan saat retret musim panas pemimpin Rusia di resor Laut Hitam Sochi.

BACA JUGA: Rusia Tuding Ukraina Dalang Penyerangan Drone ke Kediaman Putin

"Persiapan fasilitas yang relevan berakhir pada 7 Juli hingga 8 Juli, dan kami akan segera memulai aktivitas terkait penyebaran jenis senjata yang sesuai di wilayah Anda," kata Putin, menurut transkrip pernyataan Kremlin.

Lukashenko berkata, "Terima kasih, Vladimir Vladimirovich."

Lebih dari 15 bulan memasuki perang darat terbesar di Eropa sejak Perang Dunia II, Putin mengatakan Amerika Serikat dan sekutu Baratnya memompa senjata ke Ukraina sebagai bagian dari perang proksi yang meluas yang bertujuan untuk membuat Rusia bertekuk lutut.

Putin menganggap perang sebagai pertempuran untuk kelangsungan hidup Rusia dalam menghadapi NATO yang terus berkembang. Dia telah memperingatkan Barat bahwa Moskow tidak akan mundur.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Ukraina tidak akan berhenti sampai setiap tentara Rusia terakhir dikeluarkan dari negaranya, dan ingin bergabung dengan NATO sesegera mungkin.

Langkah nuklir Putin diawasi ketat oleh Amerika Serikat dan sekutu NATO-nya di Eropa dan oleh China, yang telah berulang kali memperingatkan penggunaan senjata nuklir dalam konflik tersebut.

Amerika Serikat telah mengkritik penyebaran nuklir Putin tetapi mengatakan tidak berniat mengubah posisinya pada senjata nuklir strategis dan juga belum melihat tanda-tanda Rusia bersiap untuk menggunakan senjata nuklir.

Perang di Ukraina telah memicu apa yang Moskow dan Washington katakan sebagai krisis hubungan terdalam sejak Perang Dingin.

Pernyataan nuklir Putin telah menimbulkan keprihatinan khusus.

Sumber: Bisnis.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Wanita Berkebaya Gelar Aksi dengan Mata Tertutup di Tugu Jogja, Merespons Jelang Pembacaan Putusan MK

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement